Tim Kecamatan Balikbukit Monitoring Progres Alokasi DD-ADP

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Pemerintah kecamatan Balikbukit, Kabupaten Lampung Barat selaku tim verifikasi Anggaran Pendapatan Belanja Pekon (APBP) mengadakan monitoring dan evaluasi (monev) terkait penyerapan alokasi dana desa (DD) dan alokasi dana pekon (ADP) tahap I di wilayah setempat, Selasa (16/6).

Hingga kemarin, monev yang akan dilaksanakan di 10 pekon itu telah terlaksana di empat pekon yakni Pekon Padangcahya, Kubuperahu, Wayempulau Ulu dan Sebarus.

Bacaan Lainnya

Camat Balikbukit Edi Jaya Saputra S.S.T.P, M.Si mengatakan, monev dilaksanakan untuk memantau progress kegiatan fisik bersumber DD-ADP tahap I atau sebesar 40 % sekaligus mengecek kelengkapan laporan administrasi.

“Monitoring ini untuk memastikan semuanya berjalan lancar baik dalam pelaksanaan pembangunan maupun dalam laporan administrasi. Untuk sementara dari hasil monitoring kegiatan fisik di tingkat pekon baru berjalan,” kata dia.

Lebih lanjut ia menuturkan bahwa penyerapan DD harus berjalan sesuai dengan tahapan, sehingga diperlukan monitoring dan evaluasi sebagai bentuk pendampingan dari pemerintah kecamatan serta pendamping desa agar program dapat terlaksana dengan baik secara administratif maupun fisik di lapangan.

“Dalam kegiatan ini juga kita sampaikan kepada seluruh pekon selaku pengguna anggaran agar  memaksimalkan program kegiatan yang telah tertuang dalam APBP dan harus sesuai dengan perencanaan,” harapnya. 

Di sisi lain, lanjut dia, kegiatan ini juga menjadi sarana atau wadah bagi aparatur pemerintahan pekon untuk menjalin koordinasi mengenai hal-hal yang masih belum dipahami atau kendala dalam pelaksanaan di lapangan. 

“Kita juga mengadakan pertemuan sebagai wadah untuk sharing dengan seluruh aparatur pekon supaya jika ada hal-hal yang masih belum dipahami bisa ditanyakan baik itu dalam laporan administrasi atau mengenai program kegiatan lainnya,” tandasnya.(edi/mlo)




Pos terkait