Tim Kecamatan Belalau Monitoring Penyerapan Dana Desa Tahap I

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Pemerintah Kecamatan Belalau, Kabupaten Lampung Barat melaksanakan monitoring dan evaluasi (Monev) terkait pelaksanaan dan realisasi dana desa (DD) dan alokasi dana desa (ADD) tahap 1 tahun 2021 salah satunya di Pekon Sukarame, kecamatan setempat, Selasa (29/6).

Dalam monev itu, pihaknya membentuk tim yang di pimpin oleh Camat Belalau Drs Akmal Hakim, Sekcam Romuzi, S.Ip beserta jajaran, Pendamping Desa, Pendamping Lokal Desa. 

Bacaan Lainnya

Dalam kesempatan itu, Camat Belalau Drs. Akmal Hakim didampingi Sekcam Belalau Romuzi, S.Ip, menuturkan,monitoring dan evaluasi ke seluruh pekon di Kecamatan itu merupakan salah satu bentuk pelaksanaan tugas dan fungsi kecamatan dalam pembinaan dan pengawasan pengelolaan keuangan pekon agar sesuai peraturan perundangan yang berlaku.

Monitoring dan evaluasi realisasi penggunaan dana desa ini dimaksudkan agar sesuai dengan rancangan yang tertuang dalam APBP dan akan menjadi dasar verifikasi untuk pengajuan dana desa di tahap selanjutnya,” kata Akmal. 

Menurutnya, monitoring penggunaan DD sangat penting bagi pekon dan masyarakatnya agar pembangunan dapat terlaksana dengan baik secara administratif maupun realisasi fisik dilapangan.

“Kita harapkan pemerintah pekon dapat tertib administratif supaya laporan pertanggungjawabannya tidak terkendala sehingga pencarian tahap selanjutnya tepat waktu dan program berjalan sesuai tahapan,” kata dia.

Ia menegaskan, besarnya tanggungjawab dalam pengelolaan keuangan desa harus diikuti dengan peningkatan kemampuan dari perangkat pekon tentang pengelolaan keuangan. Karena itu, perlu dilakukan pembinaan rutin untuk mendukung kelancaran pelaksanaan pembangunan pekon tersebut.

“Secara umum hasil pelaksanaan monev di tujuh pekon yakni pekon Sukamakmur, Hujung, Bumiagung, Serungkuk, Fajaragung, Sukarame dan Turgak, untuk fisik masih berjalan dengan realisasi di atas 75%, begitupun dengan sistem pelaporan administrasi saat ini sedang dalam proses untuk persiapan usulan tahap selanjutnya,” pungkasnya.(edi/mlo)


Pos terkait