Tim Kecamatan Monev Capaian Penyerapan Dana Desa Tahap II 

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Pemerintah Kecamatan Batuketulis, Kabupaten Lampung Barat melalui Tim monitoring dan evaluasi (monev) pengelolaan keuangan pekon , kembali melaksanakan monev yang diawali di Pekon Atarkuwau dan Sumberejo, Senin (8/11).

Kegiatan yang dilaksanakan dalam rangka memantau capaian penyerapan dana desa tahap II itu dipimpin oleh Sekcam Batuketulis Nusirwan S.Pd, didampingi Kasi Pemerintahan Amirulloh S.H, Peratin serta Pendamping Desa (PD) dan Pendamping Lokal Desa (PLD).

Bacaan Lainnya

Sekcam Batuketulis Nusirwan selaku ketua tim  menyebut, pelaksanaan monitoring dan evaluasi pengelolaan keuangan dilaksanakan untuk memastikan program pembangunan berjalan lancar serta menguatkan kembali asas pengelolaan Keuangan pekon.

“Mulai hari ini (senin) tim melaksanakan Monev yang dijadwalkan akan dilaksanakan selama lima hari di 10 pekon. Dari hasil peninjauan di Pekon Atarkuwau dan sumberejo, capaian kegiatan fisik sudah memenuhi%tase sesuai pencairan DD tahap II. Dengan demikian pekon yang sudah memenuhi realisasi dapat mengajukan pencairan tahap III,” ujarnya.

Ia menjelaskan, pencairan DD tahap III belum bisa dicairkan apabila laporan realisasi fisik dari pekon belum mencapai 75% dari jumlah keseluruhan pekon.

“Dana tersebut bisa direalisasikan jika laporan penyerapan dari pekon telah mencapai 75%, untuk itu itu dalam monev ini kami juga akan menggenjot upaya percepatan pelaksanaan kegiatan fisik terutama bagi yang belum memenuhi 75%,” paparnya.

Disamping itu, pihaknya juga mengimbau kepada seluruh perangkat pekon agar  memaksimalkan program kegiatan yang telah tertuang dalam APBP dan harus sesuai dengan perencanaan. 

“Monev ini kita awali dengan pertemuan di balai pekon disini kita adakan pembahasan seputar pelaksanaan program kegiatan dan pelaporan administrasi termasuk melakukan pembinaan apabila ada hal-hal yang harus diperbaiki. Setelah itu  kegiatan dilanjutkan dengan pemantauan program fisik dilapangan,” tandasnya. (edi/mlo)

Pos terkait