Tim Medis Puskesmas Swab Acak Siswa-Guru SDN 1 dan 2 Pajarbulan 

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 Unit Pelaksana Teknis (UPT) Puskesmas Pajarbulan, Kecamatan Waytenong, Kabupaten Lampung Barat dipimpin Kepala Puskesmas Minarni, S.Km, M.Kes., melaksanakan pemantauan Protokol Kesehatan (Prokes) di Satuan Pendidikan tingkat Sekolah Dasar (SD) Sederajat. Seperti menuju SDN 1 dan SDN 2 Pajarbulan, Kamis (18/11). 

Dalam pemantauan itu tim puskesmas melakukan swab (antigan) kepada Sepuluh Persen (10%) siswa dari jumlah keseluruhan dan kepada Tiga guru. “Siswa dan guru yang diswab semestinya yang mengalami gejala sakit seperti flu, batuk, namun karena tidak ada siswa dan guru yang mengalami tanda-tanda itu seperti di SDN 1 Pajarbulan ini, maka kita ambil acak dan alhamdulilah semua negatif,” kata Minarni. 

Bacaan Lainnya

Pada kesempatan itu pihaknya meminta Satgas Covid-19 sekolah betul-betul melakukan pengetatan penerapan prokes kepada siswa. “Walaupun saat ini kondisi terus membaik, tapi kita jangan sampai terlena, akan keadaan ini sebab Covid-19 masih berkeliaran,” ajaknya. 

Pihaknya juga menyarankan, jika ada siswa atau guru yang mengalami sakit mengarah Covid-19 agar laporan ke pihak puskesmas agar segera ditangani. “Lebih baik mencegah daripada mengobati, karena itu kalau ada yang diragukan kesehatannya segera laporan,” pinta dia.

Sementara Kepala Kepala SDN 1 Pajarbulan Agustari, S.Pd, M.M. Berharap dengan adanya pemantauan penuh dari satgas covid puskesmas, kegiatan Pendidikan Tatap Muka (PKM) dapat berjalan full, karena akibat Covid-19 banyak dampak yang ditimbulkan dan merugikan sektor pendidikan khususnya di bidang kegiatan belajar siswa. (r1n/mlo)

Pos terkait