Tim Penilai Apresiasi Kemeriahan Lomba Kesrak di Pekon Karangagung

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Walaupun masih diberikan pembatasan baik peserta maupun panitia dalam mengantisipasi penyebaran Covid-19 akan tetapi tidak mengurangi kemeriahan Lomba Kesatuan Gerak (Kesrak) PKK, KB, Kesehatan, tingkat Kabupaten Lampung Barat di Pekon Karangagung Kecamatan Waytenong, yang menjadi wakil dari kecamatan itu pada event tahunan pemerintah dalam mewujudkan masyarakat yang Berperilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). 

Kemeriahan penilaian lomba kesrak tersebut juga menjadi persembahan terakhir Peratin Karangagung Hi Sufrizal, S.E., kepada pekon selama kepemimpinannya di periode kedua yang segera berakhir awal 2022 mendatang.

Bacaan Lainnya

Seluruh pekon di Kecamatan Waytenong juga memberikan dukungan penuh atas lomba tersebut, hal itu dapat dilihat dari kekompakan dan keseruan pameran produk-produk unggulan masing-masing pekon mulai dari penampilan hasil bumi, kerajinan tangan dan ragam macam produk makanan olahan. 

Kabid Pengendalian Penduduk Penyuluhan / KIE dan Pergerakan Sopan Sopian, SIP., MM., mendampingi Kepala Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPKBPP dan PA) Lambar M. Hendry Faisal, S.H, M.H., 

Lomba Kesrak tersebut merupakan agenda rutin tahunan pemerintah mulai tingkat kecamatan, kabupaten, provinsi hingga nasional. Hanya saja 2020 kemarin ditiadakan akibat pandemi Covid-19, dan baru dapat kembali dilaksanakan tahun ini, dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan (prokes) 

Dijelaskannya dalam lomba itu indikator penilaian saling terintegrasi mulai dari Program Kesrak PKK, Posyandu, Lingkungan Bersih dan Sehat, PHBS tingkat rumah tangga. “Secara garis besar lomba kesrak ini bertujuan menuntun untuk menciptakan PHBS di masyarakat. Melalui lomba kesrak ini berpesan kegiatan masyarakat bisa mendukung program PKK, BKKBN dan Kementerian Kesehatan (Kemenkes),” imbuhnya. 

Sekcam Waytenong Efhan Prayuda mewakili Camat Bambang Hermanto, S.Pd.I., MM., menyampaikan permohonan maaf dari camat yang tidak bisa berada di lokasi lomba sampai kegiatan selesai karena mengikuti rapat paripurna di DPRD Lambar.

Selain itu pihaknya mengatakan dalam lomba itu pihak Pekon Karangagung telah menyatakan siap sepenuhnya dalam mensukseskan lomba tersebut, akan tetapi meski sekarang ini status Covid-19 telah Level I, kegiatan tetap dibatasi khususnya jumlah undangan sebagai antisipasi. 

“Kami optimis dan merasa puas suksesnya acara ini, dan pihak dinas memberikan apresiasi yang tinggi dengan sajian yang diberikan tentang indikator lomba,” kata Efhan.

Sedangkan Peratin Sufrizal menyampaikan ucapan terima kasih atas semangat aparatur pekon kader PKK dan warga yang sangat antusias menyambut lomba tersebut, begitu juga dukungan seluruh TP PKK dari masing-masing pekon di Kecamatan Waytenong yang juga tak kalah semangatnya. 

“Harapan kita apa yang telah kita laksanakan mendapatkan hasil yang sesuai, jika memang dari hasil penilaian tim kabupaten Pekon Karangagung dianggap layak maju lomba berikutnya insya Allah kita siap dengan kemampuan yang ada,” ujarnya. 

Sementara saat disinggung tentang pemilihan peratin (pilratin) pihaknya mengisyaratkan akan memberikan kesempatan kepada warga lainnya. Tapi pihaknya berharap di akhir jabatan ke duanya ini mampu memberikan kenangan indah untuk pekon yang telah dua periode dipimpinnya. 

Dalam acara itu, dihadiri jajaran kantor Kecamatan Waytenong, yang dipimpin Sekcam Efhan Prayuda, jajaran Puskesmas Pajarbulan yang dipimpin langsung Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Puskemas Minarni, S.Km, M.Kes., Tenaga Ahli Kabupaten Anton Hilman, S.Si, Seluruh Peratin Kecamatan Waytenong, Pendamping Desa, Pendamping Lokal Desa, pendamping PKH dan unsur lainnya.

Terpisah via handphonenya Camat Bambang Hermanto ucapkan terima kasih kepada Peratin Karangagung dan seluruh jajarannya yang telah menjadi tuan rumah mewakili Kecamatan Waytenong pada lomba kesrak tahun 2001.

Pihaknya juga menyampaikan ucapan serupa kepada jajaran tim Kecamatan yang selalu kompak serta seluruh dinas instansi terkait di Kecamatan Waytenong baik Kepala Puskesmas koordinator KB penyuluh pertanian kepala KUA para pratin Lurah dan lain-lainnya.(r1n/mlo)

Pos terkait