Tim Satgas Kecamatan Belalau Tinjau Kesiapan Penanganan Covid-19 di Seluruh Pekon 

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Berbagai upaya pencegahan dan penanggulangan terus dilakukan pemerintah untuk menekan laju penyebaran wabah Coronavirus Disease 2019 (Covid-19). Salah satunya, dengan memaksimalkan fungsi satgas dan sarana prasarana pendukung di setiap pekon.

Untuk memastikan kesiapan di seluruh pekon, Camat Belalau sekaligus Ketua Tim Satgas Penanganan Covid-19 Belalau Drs. Akmal Hakim didampingi Sekcam Romuzi, S.Ip, Kepala UPT Puskesmas Kenali Romaita, S.St, melakukan peninjauan ke sejumlah pekon, Rabu (21/7).

Bacaan Lainnya

Dalam kesempatan itu, Akmal Hakim mengatakan, kasus penyebaran wabah Covid-19 mulai melandai dan tercatat ada sebanyak 32 warga yang sedang menjalani isolasi mandiri yang tersebar di enam pekon yakni Pekon Kenali, Bedudu, Hujung, Turgak Serungkuk dan Sukamakmur.

“Jadi untuk memastikan kesiapan penanganan Covid-19 ini sudah maksimal atau belum, kami turun memantau langsung kondisi di setiap pekon, termasuk memastikan apakah semua warga yang sedang isolasi mandiri sudah mendapat bantuan,” kata Akmal. 

Sebab, ia menegaskan bahwa seluruh pasien yang sedang menjalani isolasi mandiri harus mendapat perhatian dan bantuan guna memenuhi kebutuhan pangan selama menjalani masa isolasi.

“Jadi ini juga harus jadi perhatian kita bersama, jangan sampai ada warga yang sedang menjalani isolasi mandiri terabaikan, mereka juga butuh makan, asupan gizi yang cukup dan ini harus kita tangani bersama pemerintah pekon,” pintanya.

Disamping itu, ia juga berpesan agar keberadaan posko satgas Covid-19 di setiap pekon harus dimaksimalkan untuk pencegahan dan penanggulangan wabah Covid-19 salah satunya terus melakukan pengawasan dan pemantauan terhadap aktivitas keluar masuknya masyarakat.

“Setiap warga yang baru kembali dari luar daerah harus didata dan selanjutnya dikoordinasikan ke para tenaga kesehatan agar dapat ditindaklanjuti dengan melakukan tracing untuk memastikan kondisi kesehatannya,” ujarnya.

Ia berharap semua lapisan dapat mengambil peran untuk melakukan pencegahan dan khususnya bagi masyarakat diharapkan agar tidak kendor menjalankan protokol kesehatan, yakni memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari kerumunan serta mengurangi mobilitas di luar rumah

“Semuanya harus berperan aktif membantu upaya pemerintah untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 mulai dari pencegahan hingga penanggulangan,” pungkasnya.(edi/mlo)




Pos terkait