Tim Satgas Pangan Bandarlampung Sidak ke Chandra Karang

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Tim satgas pangan Kota Bandarlampung menggelar inspeksi mendadak (sidak) ke Chandra Karang, dalam rangka menjamin keamanan dan ketahanan pangan masyarakat, jelang hari raya Natal dan Tahun Baru dan penekanan untuk menjaga protokol kesehatan dengan 3 M di setiap pusat perbelanjaan.

Dalam sidak kali ini  tim satgas pangan yang merupakan terdiri dari Dinas Katahanan Pangan, Kesehatan, Perdagangan, serta Badan POM (BPOM) dan Satpol PP kota setempat.

Bacaan Lainnya

Kita menemukan adanya  kerusakan  kemasan pada produk makanan, kemudian Izin Produk Industri Rumah Tangga (P-IRT) yang habis masa izin edarnya.

“Selanjutnya kami juga menemukan produk tidak dilengkapi label pangan yang benar. Penomoran P-IRT tidak sesuai dengan jenis pangan,” tegas Satgas Pangan kota Bandarlampung Kadek Sumartha.

Untuk produk telur Ia meminta pada pihak pengelola Chandra agar telur yang siap untuk dijual agar sudah bersih dari kotorannya serta higienis agar konsumen tidak ragu-ragu untuk membeli produk yang berada Chandra.

“Bahaya jika kotoran di kulit telur ini tidak dibersihkan. Takutnya dia masih terkontaminasi bakteri dan akan melebar ke produk lainnya,” lanjutnya.

Lebih lanjut dia menerangkan, pihaknya telah mengecek di gudang penyimpan makanan. Ditemukan ada tetesan air dari pipa.

“Digudang kita lihat cukup baik, tapi hanya ada tetesan air dari pipa tolong diperbaiki jangan sampai nanti mempengaruhi produk yang ada di gudang,” bebernya.

Kemudian lanjutnya, ada juga lobang yang nanti memungkinkan adanya binatang yang mampu merusak kemasan makanan.

“Apa yang menjadi temuan ini akan kita tindak lanjuti lagi. Nanti sekitar 10 hari kedepan kita akan kembali lagi ke sini, apakah sudah diperbaiki lagi atau belum,” katanya.

Setelah di Chandra akunya, pihaknya juga akan melakukan sidak ke Indogrosir dan Transmart.

Sementara Dyan Harianto asisten kepala toko Chandra Tanjung karang.menjelaskan terkait adanya temuan dari  Tim Satgas Ketahanan pangan kota Bandarlampung. 

“Kami dari Chandra menyambut baik dari kegiatan sidak ini,” ungkapnya.

Menurutnya, temuan-temuan dalam sidak tadi nanti akan segera ditindaklanjuti dengan melengkapi apa-apa yang dirasa kurang. 

“Dan nanti kita akan teruskan lagi ke tim satgas,” tuturnya

Kemudian, kemasan kaleng yang penyok tadi, nanti juga akan ditarik karena kemasaan kaleng ini pada prinsipnya rentan sedikit jatuh dan penyok.

“Kita juga nantinya akan memberikan pembinaan pada karyawan supaya dalam mengemas barang lebih rapi lagi,” kata Dyan.

Kalau untuk produk-produk yang P-IRT sudah habis masa edarnya, Diyan mengatakan akan menindaklanjutinya.

“Nanti kita akan pulangkan supaya diganti dengan kemasan yang baru dan P-IRT yang baru. Terkait persoalan di gudang, pipa pendingin memang selalu ada embun nanti akan dilakukan perbaikan kita hubungi teknisi supaya melakukan penyelimutan dengan busa sehingga embun tidak jatuh kebawah,” tandasnya.(*/mlo)


Pos terkait