Tim Terpadu Fasilitasi Pekon Input Laporan Kegiatan Tanggap Covid-19 Secara Online

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Pihak Kecamatan Pagardewa Kabupaten Lampung Barat (Lambar) bersama tim pendamping desa kecamatan, melakukan fasilitasi kegiatan pembinaan dan penginputan data Covid-19 oleh operator yang ditunjuk pekon melalui aplikasi Elektronik Desa Melawan Covid-19 atau eDMC-19.

Kegiatan yang dilaksanakan  bertempat di Balai Pekon sidomulyo Rabu (15/07) dihadiri oleh Camat Pagardewa, M. Yones, S.S.T.P,  M.H., Tenaga Ahli Pendamping Desa bidang Teknologi Tepat Guna (TTG) Anton Hilman, S.Si dan tim pendamping desa Kecamatan Pagardewa.

Dalam arahannya, M. Yones, menyampaikan bahwa Aplikasi eDMC adalah aplikasi yang diluncurkan oleh kementerian Desa PDTT untuk membantu relawan Covid-19 yang ada di pekon untuk membuat laporan kegiatan-kegiatan yang telah dilaksanakan berbasisi data dari pemangku secara online.

Sehingga data tersebut dapat diakses oleh para pihak pengambil kebijakan, seperti pemerintah kabupaten, pemerintah provinsi dan pemerintah pusat secara cepat.

Sehingga kebutuhan data dan informasi untuk membuat kebijakan didapat dengan cepat.

Hingga saat ini, dengan UU desa dan dana desanya, pekon-pekon memasuki era baru, dengan mulai banyaknya teknologi masuk desa, baik berupa aplikasi ataupun teknologi informasi lainnya.

Untuk itu pekon harus merespon hal tersebut dengan terus berbenah dan menyiapkan SDM pekon dengan kegiatan-kegiatan peningkatan kapasitas, yang salah satunya adalah kegiatan hari ini, walau sederhana tetapi ini membiasakan dan melatih pekon agar terbiasa dengan aplikasi berbasis android.

Dijelaskan oleh M. Yones, bahwa tahun 2020 ini, sejatinya Kecamatan Pagardewa sudah bersepakat dengan peratin untuk membuat aplikasi yang terkait dengan informasi pekon dan juga pelayanan public di pekon dengan berbasis aplikasi android. Tetapi karena pandemi Covid-19, kegiatan tersebut ditunda tahun 2021 mendatang.  

“Kekompakan dan semangat para pertain Kecamatan Pagardewa dan dukungan masyarakat atas berbagai kegiatan adalah modal utama, dan Kecamatan Pagardewa akan selalu berinovasi, meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat,” kata Yones 

Dan terkait kegiatan tersebut, pihak kecamatan mengapresiasi semua pihak, para peratin yang sudah menyiapkan operator pekon untuk mendukung suksesnya pelaporan covid secara online.

Yones juga haturkan terimakasih kepada Tim Pendamping Pagardewa yang selalu mendampingi pekon dalam kegiatannya baik itu siang bahkan sampai kegiatan yang dilakukan malam hari pun tim pendamping terlihat bersama pekon.

Camat Yones berharap, operator yang mengikuti kegiatan hari ini, harus dapat menyelesaikan tugasnya sampai tuntas, sehingga laporan covid Pagardewa secara online selesai sesuai dengan waktu yang ditentukan.

Dan itu harus dijadikan momentum, menyongsong menuju pelayanan public berbasis online atau digital di pekon-pekon yang ada di Kecamatan Pagardewa.

Febri elevereadi, Koordinator Pendamping Desa Kecamatan Pagardewa, menyampaikan terimakasih atas dukungan penuh pihak kecamatan dalam berbagai kegiatan pendampingan di pekon. 

Dijelaskan oleh Pendamping desa Teknik Infrastruktur tersebut, bahwa Aplikasi eDMC ini, menjadi kewajiban pekon untuk mengisinya dengan data berbasis pemangku, ada 5 fitur didalammnya, dari mulai kegiatan relawan covid, laporan mingguan, bulanan dan triwulan.

Untuk itu tim pendamping siap mendampingi pekon dalam mengisi laporan tersebut.  Sehingga kegiatan tanggap covid yang pekon sudah atau sedang dilakukan dapat terlaporkan dengan baik. (rin/mlo)



Pos terkait