Tim Verifikasi Kecamatan Kebuntebu Monev Bergilir APBP Pekon 

  • Whatsapp
Monev di Pekon Purajaya

Medialampung.co.id – Tim Verifikasi Kecamatan Kebuntebu, Kabupaten Lampung melaksanakan Monitor dan Evaluasi (Monev), pelaksanaan Anggaran Pendapatan Belanja Pekon (APBP) Tahun Anggaran (TA) 2021, untuk tahap satu dan sedang berjalan. 

Pada Senin (20/9), pekon yang dilakukan monep, dipimpin langsung Camat Ernawati, S.E., yakni Purajaya dan Purawiwitan. Dalam agenda tersebut seperti pemanfaatan APBP Tahap I yakni mengecek laporan dan tanda terima Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD), serta Surat Pertanggungjawaban (SPj) tahap satu, dan realisasi bulan berjalan. 

Bacaan Lainnya

“Sekaligus Draf Rencana Kerja Pemerintah (RKP) Pekon, Tahun Anggaran (TA) 2022 berikut lampiran aset pekon,” ungkap Pendamping Lokal Desa Pekon Purajaya Devi Retnosari. 

Lanjutnya, dalam monep itu tim verifikasi kecamatan tentunya memantau dan melihat kesesuain program yang telah berjalan, antara realisasi dengan anggaran. Selain daripada itu juga, langkah persiapan untuk kesiapan menyambut monep oleh tim verifikasi kabupaten yang rencananya akan dilaksanakan 28 September. 

Sementara disampaikan Kasi Pelayanan Pekon Purajaya Rahmat Hidayat, mendampingi Peratin Samsukendar, S.Hut., dalam pemanfaatan Dana Desa (DD) seperti untuk Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD), disalurkan kepada Enam Belas (16) Keluarga Penerima Manfaat (KPM) dengan kategori yang mengalami penyakit menahun mayoritas usia lanjut yang memang tidak mampu bekerja. 

Rahmat Hidayat sapaan akrab Kemoy juga menyebutkan dampak pandemi covid-19 yang sudah dua tahun melanda dunia menyebabkan beberapa kegiatan fisik khususnya tidak bisa dilaksanakan. 

“Harapan kita bersama semoga tahun depan kondisi kembali normal seperti sedia kala dan semua program pekon dapat dijalankan secara maksimal,” imbuhnya. 

Monev di Pekon Purawiwitan

Terpisah Camat Ernawati, menegaskan monep yang dilaksanakan itu upaya dalam menyakinlkan pekon agar siap diberikan monep oleh tim kabupaten. Sehingga apa yang akan di monev kabupaten, di cek dulu oleh tim kecamatan, baik tentang, BLT-DD, RKP, APBP Tahap Dua, hingga Aset Pekon, penanganan Covid-19 dan menyeluruh lainnya. 

“Dalam monev ini tim verifikasi kecamatan melakukan upaya kesiapan pekon diberikan monev oleh tim verifikasi kabupaten,” ujarnya. 

Karena itu Erna mengimbau pekon harus siap. Sebagaimana uang sudah masuk ke rekening dan telah dicairkan sesuai pengajuan dan telah dilaksanakan. Maka sekarang pekon harus siap mempertanggung jawabkan realisasinya sesuai peraturan berlaku. 

“Monev ini kami lakukan sejak Kamis pekan kemarin, dan jadwalnya salam satu hari dilakukan di dua pekon,” tandasnya. (r1n/mlo)


Pos terkait