Tingkat Kelulusan SD di Lambar Capai 100 Persen

  • Whatsapp
Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Bulki Basri, S.Pd, M.M

Medialampung.co.id – Tingkat kelulusan pelajar sekolah dasar (SD) negeri maupun swasta di Kabupaten Lambar mencapai 100 persen. Pengumuman kelulusan tersebut dilaksanakan, kemarin, Senin (15/6).

“Alhamdulillah tingkat kelulusan sekolah untuk pelajar SD dan SMP di Kabupaten Lambar mencapai 100 persen,” ujar Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Bulki Basri, S.Pd, M.M, Senin (15/6).

Bacaan Lainnya



Menurut Bulki, kelulusan 100 persen tersebut menjadi prestasi yang membanggakan karena semua anak lulus dan diharapkan akan melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi.

“Untuk pengumumannya ada yang melalui daring dan ada juga yang mengundang wali murid ke sekolah namun tetap mematuhi protokol kesehatan,” akunya.

Untuk tingkat SMP, kata dia, kelulusannya telah diumumkan pada pekan lalu dan hasilnya lulus 100 persen dengan jumlah siswa SMP se-Lambar sebanyak 3.443 orang. Sedangkan untuk SD tingkat kelulusannya juga 100 persen dengan jumlah siswa SDN dan swasta sebanyak 4.745 orang.

Kata dia, untuk kelulusan SMP ditetapkan oleh satuan pendidikan melalui rapat dewan guru dengan kriteria yaitu nilai rata-rata raport 5 semester terakhir pada setiap mata pelajaran melampaui kriteria ketuntasan minimal (KKM) yang ditetapkan oleh satuan pendidikan, memperoleh nilai sikap/perilaku minimal baik serta nilai raport semester genap kelas 9 dapat digunakan sebagai penambah nilai kelulusan, nilai semester genap diperoleh dari nilai rata-rata ulangan harian dan nilai penugasan.

Sementara untuk kelulusan SD, kata Bulki, dimana peserta didik dinyatakan lulus dari sekolah yaitu menyelesaikan seluruh program pembelajaran (menyesuaikan keadaan sekarang) yang ditentukan oleh sekolah melalui rapat dewan pendidik berdasarkan hasil belajar dari kelas 1 sampai kelas 6, memperoleh nilai sikap/perilaku minimal baik oleh sekolah melalui rapat dewan pendidik, serta lulus dengan kriteria penilaian yang ditetapkan sekolah melalui rapat dewan pendidik.

Selanjutnya perolehan nilai untuk kelulusan/ijazah yakni diperoleh dari nilai rata-rata raport mulai kelas 4 semester 1 sampai kelas 6 semester 1 (sebagai nilai rata-rata raport), nilai ujian sekolah diperoleh dari proses perolehan nilai di kelas 6 semester 2 meliputi (nilai ulangan harian + nilai hasil daring/tugas rumah + nilai portofolio).

Atas kelulusan siswa tersebut, Bulki mengucapkan terima kasih kepada kepala sekolah, guru, pihak sekolah dan orang tua, di tengah kondisi pandemi Covid-19 ini para siswa-siswi bisa menyelesaikan sekolah dengan baik.

“Kita berharap bagi siswa yang lulus SMP dan SD di Kabupaten Lambar nantinya dapat melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, yang SMP bisa melanjutkan ke SMA atau sederajat, begitu juga dengan yang lulus SD diharapkan bisa melanjutkan ke SMP/MTs,” harapnya. (lus/mlo)



Pos terkait