Tingkat Partisipasi Pemilih di Pilkada Pesbar 2020 Ditarget 77,5 Persen

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar) menargetkan partisipasi pemilih dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2020 di Kabupaten Pesbar ditargetkan mencapai 77,5 persen. Target tersebut lebih meningkat dibanding pada pelaksanaan Pilkada 2015 lalu sebesar 76,84 persen.

Anggota KPU Pesbar Divisi Partisipasi Masyarakat dan SDM, Zairi Opani, mengatakan bahwa dalam Pilkada 2020 partisipasi masyarakat diharapkan dapat meningkat sesuai dengan target yang telah ditentukan.

Bacaan Lainnya



“Target itu tentunya sesuai dengan pertimbangan kondisi terkini, maupun lainnya,” katanya dalam kegiatan sosialisasi PKPU No.5/2020 dan persiapan Pilkada Pesbar di aula Sartika Guest House, Selasa (30/6).

Dijelaskannya, tolak ukur partisipasi pemilih tersebut adalah tingkat kehadiran pemilih. Artinya, jika masyarakat dalam hal ini pemilih banyak yang tidak hadir untuk datang menyalurkan hak suaranya ke Tempat Pemungutan Suara (TPS) maka jelas itu berdampak pada Pilkada mendatang.

Untuk itu KPU Pesbar berharap kepada masyarakat dan semua pihak dapat berperan aktif untuk mensosialisasikan pelaksanaan Pilkada, sehingga diharapkan partisipasi masyarakat untuk menyalurkan hak pilihnya dapat meningkat.

Mengingat tingkat partisipasi pemilih juga menentukan kesuksesan Pilkada serentak 2020.

“Meski di tengah pandemi Covid-19, kita harap pelaksanaan Pilkada Pesbar tetap terlaksana dengan sukses,” jelasnya.(yan/mlo)



Pos terkait