Tingkatkan Hasil Produksi Bibit Unggul, BUMDes Pisang Gedungsurian Beli Mesin Kultur Jaringan  

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Guna lebih memaksimalkan usaha bidang pembibitan pisang. Dengan permintaan (pesanan) bibit terus membludak hingga provinsi luar provinsi bahkan sudah merambah lintas pulau.

Badan Usaha Milik Desa/Pekon (BUMDes) Gedungsurian, Kecamatan Gedungsurian, di bawah komando Peratin Boimin, kini melakukan upaya pengadaan (pembelian) mesin kultur jaringan senilai puluhan juta. 

Bacaan Lainnya

Dijelaskan Boimin, banyaknya permintaan akan bibit pisang, dan yang terbaru hingga Provinsi Sumatera Utara, membuat pihak pengelola BUMDes kewalahan dalam penyediaan bibit.

“Alhamdulilah seiring jalan, pemesanan bibit pisang terus bertambah dengan kapasitas yang besar. Namun, karena pengolahan pembibitan yang kami lakukan selama ini masih cara manual, sehingga kami kewalahan dan memberlakukan sistem antri,” ungkapnya.

Maka dari itu untuk mempercepat proses penyemaian, pihak BUMDes membeli mesin kultur jaringan. Dengan mesin itu semua bakal bibit (bonggol) yang akan diolah terlebih akan dicek di laboratorium Bandar Lampung untuk memastikan kualitas dan kuantitas bibit. 

“Dengan mesin kultur jaringan ini akan mampu, memproduksi bibit yang lebih banyak. Satu bonggol akan bisa menghasilkan 10 ribu bibit dengan kualitas bibit yang lebih steril,” ujarnya.

Pada kesempatan itu Boimin juga mengulas jika usaha pembibitan pisang tersebut sudah diberikan pengecekan oleh pemerintah. Dan tinggal menunggu turunnya sertifikasi biru dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung. (r1n/mlo)


Pos terkait