Tingkatkan Kapasitas SDM, Bappeda Gelar Pelatihan JIGD

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Lambar menggelar sosialisasi dan pelatihan Jaringan Informasi Geospasial Daerah (JIGD)  di Ruang Rapat Pakuwon Bappeda, Selasa (26/11)

Sosialisasi tersebut dibuka secara resmi oleh Kepala Bappeda Ir. Okmal, M.Si., serta dihadiri seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkungan Pemkab Lambar, serta menghadirkan tim pengajar dari Badan Informasi Geospasial (BIG) sebanyak 6 orang, yang terdiri dari tiga orang dari Pusat Standardisasi dan Kelembagaan Informasi Geospasial  Tandang Yuliadi, Agus Setiawan dan Wisnu Pribadi serta tiga orang dari pusat pengelolaan dan penyebarluasan informasi geospasial  Ahmad Rinaldi, M. Hasannudin Yusa dan Febriani Ayu

Bacaan Lainnya



Kepala Bappeda Ir. Okmal, M.Si mengungkapkan, maksud dan tujuan sosialisasi dan pelatihan JIGD yaitu untuk meningkatkan kapasitas sumberdaya manusia (SDM) Aparatur Sipil Negara (ASN) Kabupaten Lampung Barat dalam memanfaatkan dan menggunakan sistem informasi geografis (GIS) dalam mengoperasian software maupun menyelenggaraan informasi geospasial.  Selain itu, mengoptimalkan sistem informasi geospasial dalam mendukung perencanaan dan pelaksanaan program/kegiatan pembangunan dalam bentuk data informasi spasial khususnya di Kabupaten Lampung Barat.

“Jaringan informasi geospasial (IG) terdiri dari  jaringan IG pusat, dan jaringan IG daerah,” ungkap Okmal.

Salah satu langkah untuk mendukung kegiatan tersebut, lanjut Okmal, dilakukan kesepahaman bersama antara Badan Informasi Geospasial dengan pemerintah kabupaten tentang penyelenggaraan, pengembangan, pemanfaatan data dan informasi geospasial di kabupaten/kota. yang berpedoman pada Peraturan Pemerintah nomor 28 tahun 2018 tentang kerjasama daerah.

Lanjut dia, tahapan-tahapan yang telah dilakukan, diantaranya penandatanganan nota kesepahaman antara badan informasi geospasial dengan pemerintah daerah Kabupaten Lampung Barat, penandatanganan perjanjian kerja sama antara pemerintah daerah Kabupaten Lambar dengan Badan Informasi Geospasial tentang pembangunan simpul jaringan informasi geospasial daerah di Kabupaten Lampung Barat. “Simpul jaringan adalah institusi yang bertanggung jawab dalam penyelenggaran, pengumpulan, pemeliharaan, pemuktahiran, penggunaan dan penyebarluasan data spasial dan informasi geospasial. Kedepannya dengan adanya simpul jaringan ini maka seluruh kegiatan opd tercermin di geoportal kabupaten. antara lain data kesehatan, sosial, ekonomi, pendidikan, pajak bumi dan bangunan dan lainnya,” pungkas dia. (lus/mlo)



Pos terkait