Tingkatkan Keamanan, Lingkungan Pekon Semarangjaya Pasang CCTV di 31 Titik

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Memanfaatkan kecanggihan dan kemudahan teknologi, Pekon Semarangjaya, Kecamatan Airhitam, Kabupaten Lampung Barat mendeteksi keluar masuknya masyarakat, di pekon itu dengan pasang 31 unit kamera Closed Circuit Television (CCTV) di lokasi-lokasi strategis pekon.

Peratin setempat Damisiri Ahmad menyebutkan pemasangan CCTV hampir di setiap sudut pekon dan fasilitas-fasilitas penting pekon juga sebagai langkah dalam meningkatkan keamanan lingkungan, sebagai pendukung upaya ronda yang memang sudah menjadi kegiatan warga.

Bacaan Lainnya

Pemasangan CCTV tersebut sendiri dianggarkan melalui Dana Desa (DD) yang pemanfaatanya difungsikan 2×24 jam.

“Dengan pemasangan CCTV ini kita juga dapat memantau gerak gerik masyarakat sebagai upaya menekan terjadinya aksi kejahatan atau hal-hal lain yang mencurigakan,” harapnya. 

Damsiri tidak menutupi, kemungkinan pihak pekon masih akan melakukan penambahan CCTV yang nantinya akan disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat di pekon tersebut. 

Disisi lain, meskipun detektor CCTV sudah banyak dipasang, namun upaya yang paling baik adalah dengan terus waspada dalam segala hal. Karena perangkat semuanya memiliki batasan. 

“Ya tentunya fasilitas ini sebagai pendukung tentang upaya-upaya dilakukan selama ini dan sudah menjadi warisan leluhur seperti penerapan ronda,” ujarnya.

Sekretaris pekon Kirno menambahkan perhatian untuk keamanan dan kenyamanan masyarakat pekon menjadi salah satu prioritas pekon. Karena itu banyak hal yang dilakukan sesuai dengan kemampuan pekon dan segi manfaat. 

“Alhamdulilah pemasangan CCTV ini mendapat dukungan penuh warga yang merasa sangat terbantu dalam bidang keamanan pekon,” tandasnya. (r1n/mlo)


Pos terkait