Tingkatkan Keimanan Siswa, SDN 1 Mekarjaya Gelar Sanlat Ramadhan

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Mengisi bulan suci Ramadhan 1442 H/2021 M, SD Negeri 1 Mekarjaya, Kecamatan Gedungsurian, Kabupaten Lampung Barat (Lambar) melaksanakan Pesantren Kilat (Sanlat) selama Dua hari Kamis-Jumat (22-23/4). 

Dalam sanlat tersebut siswa yang mengikuti terhimpun dari kelas IV, V dan Kelas VI, hal itu sengaja diterapkan untuk membatasi peserta jumlah karena pandemi Covid-19. Dan para siswa begitu menghayati sehingga kegiatan berlangsung hikmad.

Bacaan Lainnya


Kepala SDN setempat Parida, S.Pd, SD., menyampaikan dalam sanlat. Di hari pertama siswa diberikan kegiatan lomba, seperti Tartil Quran, Adzan dan  Kaligrafi. Dan dihari kedua pembagian hadiah sekaligus kegiatan Tausiyah, yang dihadiri Ustad Hi. Ahmad Sarkati.  

Dijelaskan Parida, kegiatan sanlat tersebut merupakan rutinitas yang dilaksanakan setiap datangnya bulan suci Ramadhan. Namun tahun ini jumlah peserta sengaja dikurangi dan hanya 50 persen dari total siswa yang mengikuti, akibat masih terjadinya pandemi Covid-19.

“Kegiatan sanlat ini, menjadi sarana untuk dapat  menanamkan dan lebih meningkatkan ketaqwaan anak-anak dalam menjalankan ibadah puasa, maupun ibadah lainnya. Sekaligus wadah silaturahmi, dan tujuan lain memberikan ruang kepada anak-anak agar bisa menjalankan ibadah puasa dengan suasana yang tenang, menyenangkan dan bermanfaat,” ungkap Istri Sekretaris Dinas Pemberdayaan Masyarakat Pekon (DPMP) Lambar Sahil, S.Pd, M.M., tersebut.

Di akhir sambutannya, Parida mengajak khususnya para orang tua untuk dapat membimbing putra putri masing-masing ketika tidak berada disekolah menjalankan Kegiatan Belajar Mengajar (KBM). Apalagi sejak terjadinya pandemi kegiatan belajar sering dilaksanakan secara Online (Daring), artinya perlunya bimbingan langsung dari orang tua sebagai guru belajar dirumah.

“Mari kita bersama, berdoa, agar pandemi virus corona ini segera dapat diatasi dan kegiatan belajar sekolah dapat dilaksanakan secara normal sebagaimana biasanya,” tandas pihaknya.

Parida juga mengaku bangga atas kekompakan seluruh dewan guru yang selalu menerapkan sifat kekeluargaan, sehingga setiap kegiatan di sekolah itu terlaksana dengan baik. Seperti pada sanlat itu dibentuk panitia dan dewan juri dari para Dewan Guru, Operator Sekolah hingga Penjaga Sekolah.

Usai Sanlat, pada sore hari acara dilanjutkan dengan siswa bersama dewan guru membagikan takjil gratis untuk warga yang kurang mampu dan kaum duafa sekitar wilayah Pekon Mekarjaya.(r1n/mlo)




Pos terkait