Tingkatkan Kemampuan Tim SAR, BPBD Gelar Diklat

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lampung Barat, menggelar pendidikan dan pelatihan (Diklat) Search and Rescue (SAR) dipusatkan di aula Wisma Sindalapai Kelurahan Pasar Liwa Kecamatan Balikbukit, Kamis (22/8).

Sekretaris Kabupaten (Sekkab) Lambar Akmal Abdul Nasir, S.H., saat membuka Diklat tersebut mengungkapkan, pendidikan dan pelatihan SAR ini diharapkan dapat meningkatkan kemampuan dan pengetahuan para satgas.

Bacaan Lainnya



“Ini akan sangat berguna dalam penanganan terhadap bencana dapat lebih cepat, tepat dan dapat meminimalisasi kerugian yang di timbulkannya serta rencana untuk menjadi Kabupaten Lampung Barat yang tangguh bencana akan terwujud,” ujar Akmal.

Terusnya, sebagai daerah yang rawan terhadap berbagai bencana, kita berupaya meningkatkan kemampuan dibidang penanggulangan bencana yang mengakibatkan korban, penderitaan bagi manusia itu sendiri, kehilangan harta benda, kerusakan lingkungan, dan fasilitas umum, serta menimbulkan gangguan terhadap tata kehidupan dan penghidupan masyarakat.

“Karena itu saya imbau kepada peserta untuk benar-benar serius dalam mengikuti Diklat ini, sehingga nantinya betul-betul mendapatkan ilmu dalam pelaksanaan tugas di lapangan,” kata dia.

Lebih lanjut Akmal mengungkapkan, kebijakan penanggulangan bencana memberikan prioritas tinggi pada peningkatan kewaspadaan dan kesiapsiagaan masyarakat, serta jajaran pemerintah setempat, terutama di daerah rawan bencana.

“Kemampuan tim dalam penanggulangan bencana diharapkan dapat membantu dalam proses penanggulangan bencana melalui pencarian dan penyelamatan, pemberian pengobatan serta perawatan korban bencana, baik  dalam kecepatan maupun ketepatan waktu penyelamatan dengan dukungan pengetahuan dan peralatan yang memadai,” imbuhnya.

Sementara Kepala BPBD Drs. Gison Sihite dalam laporannya, menyampaikan bahwa  tujuan pendidikan dan pelatihan ini agar terlatihnya satgas yang memiliki keterampilan dalam proses pencarian dan penyelamatan, pemberian pengobatan serta perawatan korban bencana.

“Sasaran kegiatan ini agar tersedianya satgas SAR di Lambar yang tangguh. Peserta terdiri dari Relawan dari berbagai unsur yang ada di Kabupaten Lampung Barat sedangkan Narasumber yaitu Basarnas Provinsi Lampung, Kodim 0422 Lambar, BPBD Lambar, dan PMI cabang Lambar,” pungkasnya. (nop/mlo)



Pos terkait