Tingkatkan Ketersediaan Darah, Ketua PMI Lampung Dukung Upaya UDD PMI

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Hari Donor Darah Sedunia di Provinsi Lampung direncanakan akan diselenggarakan tanggal 21 Juni 2021.

Dalam arahannya, Ketua PMI Provinsi Lampung Riana Sari menyatakan mendukung penuh upaya-upaya Unit Donor Darah (UDD) PMI Lampung terutama dalam hal peningkatan pelayanan.

Bacaan Lainnya

Hal tersebut dianggap penting karena menyangkut kesehatan bahkan nyawa manusia.

“Unit Donor Darah (UDD) PMI sebagai bagian dari PMI Lampung yang langsung bersentuhan dengan masyarakat harus semakin baik dalam melayani masyarakat, khususnya dalam hal ketersediaan darah,” ujar Riana.

Mengenai ketersediaan darah di Provinsi Lampung, Kepala Unit Donor Darah PMI Provinsi Lampung, dr. Aditya M. Biomed mengatakan saat ini stoknya mulai stabil. Di awal masa pandemi, stok darah yang ada di PMI sempat mengalami penurunan yang cukup siginifikan karena adanya kebijakan pembatasan sosial berskala besar (PSBB).

“Kami juga selalu mengajak masyarakat untuk mendonorkan darahnya karena banyak pasien yang masih membutuhkan darah. Saat ini permintaan darah masih didominasi kasus yang rutin seperti pada pasien thalasemi, leukemia, dan DBD,” pungkas Aditya.

Hari Donor Darah Sedunia tahun ini mengusung tema “Give Blood and Keep the World Beating”. Tema tersebut menyoroti kontribusi penting yang dilakukan pendonor darah untuk menjaga dunia dengan menyelamatkan nyawa dan kesehatan orang lain, khususnya di masa pandemi Covid-19. (*/mlo)




Pos terkait