Tingkatkan Kewaspadaan, BPBD Siagakan Satgas di 131 Pekon 

  • Whatsapp
Ilustrasi

Medialampung.co.id – Kondisi cuaca ekstrim di Kabupaten Lampung  Barat membuat pihak badan penanggulangan bencana daerah (BPBD) terus melakukan langkah kewaspadaan dini, salah satunya dengan meminta satgas penanggulangan bencana di 131 pekon untuk memantau dan melaporkan setiap perkembangan wilayah masing-masing.

Kabid Kesiapsiagaan dan Penanggulangan Bencana Hidayatullah, S.H., mendampingi Kepala BPBD Drs. Gison Sihite, M.M, sejauh ini pihaknya belum dapat memprediksi prakiraan tingginya curah hujan akan berlangsung hingga kapan, mengingat Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) sejauh ini hanya merilis laporan cuaca harian.

Bacaan Lainnya



“Kita belum tahu cuaca ekstrim ini akan berlangsung sampai kapan, karena BMKG hanya merilis informasi prakiraan cuaca setiap hari. Namun sebagai bentuk kewaspadaan dini menyikapi cuaca ekstrim saat ini kami sudah berkoordinasi dengan satgas penanggulangan bencana di 131 pekon,” terang Hidayatullah.

Sebelumnya, lanjut dia, pihaknya telah melaksanakan peningkatan kapasitas tata kelola terkait dengan penanganan bencana untuk mengurangi korban akibat bencana. Saat ini Lambar sedang mengalami peningkatan curah hujan sehingga menyebabkan adanya kerawanan bencana khususnya longsor, oleh karena itu diperlukan kesiagaan di seluruh wilayah agar langkah antisipasi terhadap kedaruratan dapat segera diatasi.

“Kewaspadaan dan mitigasi bencana terus kami lakukan untuk menimalisir terjadinya korban bencana, karena hingga kini belum ada teknologi yang bisa memastikan kapan bencana muncul seperti gempa bumi misalnya. Untuk itu masyarakat harus diberi pemahaman dan kesadaran untuk menghadapi potensi bencana alam,” imbuhnya.

Yang terpenting, kata dia, semua pihak harus berkoordinasi dan membangun komunikasi antar daerah dalam rangka saling mendukung penyelenggaraan kesiapsiagaan dan kewaspadaan dalam menghadapi potensi ancaman bencana akibat cuaca ekstrim dan potensi gangguan lainnya.

“Kami berharap Satgas penanggulangan bencana juga dapat dibantu juga oleh masyarakat untuk dapat melaporkan kondisi daerahnya apabila ada kejadian yang perlu segera ditindaklanjuti, misalnya banjir, atau longsor, kami minta tidak ragu mengambil langkah koordinasi,” pungkasnya.(edi/mlo)



Pos terkait