Tingkatkan Kualitas Kepegawaian, BPSDM Lampung Buka Pelatihan

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provinsi Lampung terus meningkatkan kualitas kepegawaian yang berkompeten. Selain itu juga merupakan salah satu instrumen pembinaan bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) di sekretariat setempat.

Kepala BPSDM provinsi Lampung, Dr. H  Senen Mustakim, M.Si., mengatakan, adapun upaya kita untuk melakukan peningkatan kualitas salah satunya dengan melaksanakan pelatihan kepemimpinan pengawas angkatan di lingkungan pemerintah kabupaten/kota se-Provinsi Lampung tahun 2021.

Bacaan Lainnya

“Pelatihan kepemimpinan merupakan salah satu instrumen pembinaan bagi aparatur dalam sebuah bingkai manajemen kepegawaian untuk meningkatkan kompetensinya, sehingga mampu menjadi pemimpin perubahan di instansinya,” katanya, Selasa (15/6)

Selain itu, manfaat dari pelatihan ini kedepannya dapat memberikan pelayanan terbaik sehingga dapat mengimplementasikan prinsip-prinsip Good Governance, terutama aspek transparansi, akuntabilitas dan partisipasi reformasi birokrasi sebagai perwujudan pelaksanaan visi misi dan janji kerja Gubernur dan Wakil Gubernur Lampung.

Menurutnya, pelatihan harus dipahami dan dilihat dari perspektif sebuah sistem pelatihan. Tidaklah dapat kita pungkiri bahwa selama ini, pelatihan belum dilihat dari sebuah sistem, sehingga sasarannya belum efektif. Evaluasi peserta, kualitas penyelenggaraan dan kompetensi tenaga pengajar, masih perlu ditingkatkan secara bertahap dan berkesinambungan.

“Sistem pelatihan sangat tergantung dari kualitas sarana dan prasarana, widyaiswara atau tenaga pengajar yang berkualitas, penyelenggara pelatihan yang berorientasi pada pelayanan, kemampuan peserta pelatihan yang terseleksi dengan baik, IT yang menunjang. Apalagi di era pandemi Covid 19 dan dukungan pendanaan yang memadai,” jelasnya.

Sementara, Kepala bidang (Kabid) Pengembangan Kompetensi Manajerial (PKM) Elip Heldan, menjelaskan, kegiatan pelatihan kepemimpinan pengawas itu sendiri bertujuan untuk mengembangkan kompetensi peserta dalam rangka memenuhi standar Kompetensi manajerial Jabatan Pengawas.

“Pelatihan kepemimpinan pengawas ini diikuti sebanyak 40 peserta. Seluruhnya telah menduduki jabatan pengawas di lingkungan pemerintah kabupaten/kota se – Provinsi Lampung,” ungkapnya. (ded/mlo)




Pos terkait