Tingkatkan Kunjungan Wisata, Bupati Terbitkan SE

  • Whatsapp
Kepala Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Ronggur L. Tobing, S.I.P, M.Si.

Medialampung.co.id – Dalam rangka meningkatkan kunjungan wisata pada destinasi pariwisata yang ada di wilayah Kabupaten Lampung Barat (Lambar) sekaligus menjadi sebuah langkah promosi pariwisata. Bupati Parosil Mabsus mengeluarkan surat edaran (SE) No.556/79.a/III.05/IX/2019 tentang himbauan kunjungan berwisata pada destinasi wisata dalam daerah Kabupaten Lambar.

“SE bupati tersebut ditujukan kepala OPD se-Kabupaten Lambar, Kepala Satuan Pendidikan serta Camat se-Kabupaten Lambar,” ungkap Kepala Dinas Kepemudaan Olahraga Pariwisata (Disporapar) Ronggur l. Tobing, S.I.P, M.Si.

Bacaan Lainnya


Dalam SE tersebut, lanjut Ronggur, bupati mengimbau agar kepala OPD, kepala satuan pendidikan serta camat se-Lambar untuk mengadakan program kunjungan wisata ke suatu destinasi pariwisata yang tersebar dalam wilayah Kabupaten Lambar bersama dengan seluruh staf  beserta keluarga sebagai wujud  kebanggaan bersama terhadap destinasi lokal yang tersebar di wilayah Kabupaten Lambar.

Kemudian, peserta study tour/karya wisata yang secara tidak langsung menjadi duta pariwisata Lambar, hendaknya dalam melakukan kunjungan wisata agar bisa mengabadikannya dalam bentuk foto atau video serta dapat menyebarluaskannya melalui media sosial sebagai sebuah langkah promosi yang sederhana namun sangat berdampak baik kepada kunjungan wisatawan di Bumi Sekala Bekhak.

“Selain itu, kepada kepala OPD, satuan pendidikan dan organisasi lainnya sebelum melakukan kunjungan study tour keluar daerah, diwajibkan terlebih dahulu melakukan kunjungan wisata di dalam daerah dan bisa ikut mempromosikan pariwisata unggulan Kabupaten Lambar saat melaksanakan study tour ke luar daerah,” ungkap Ronggur.

Lebih jauh dia mengatakan, pariwisata merupakan salah satu identitas dari Kabupaten Lambar mulai dari alam, budaya hingga kuliner dan Lambar menyediakan segala yang dibutuhkan wisatawan, sehingga melancong di Kabupaten Lambar merupakan pilihan terbaik bagi siapapun yang mendambakan alternatif wisata murah namun menakjubkan. Untuk itu, kata dia, Disporapar bekerjasama dengan para pelaku usaha dan penikmat wisata Lampung Barat yang tergabung dalam trevel piknik Liwa dan LiwArt menjembatani para pencari keindahan untuk dapat menikmati Lambar secara maksimal dengan berbagai paket wisata yang ditawarkan.

Lanjut dia, adapun paket wisata yang ditawarkan oleh pihaknya, antara lain seperti paket wisata Sekala Bekhak untuk paket dua hari hanya dikenakan biaya Rp650.000/orang termasuk akomondasi, transportasi dan tiket wisata dengan tujuan wisata Suoh, Bukit Bawang Bakung/Gerdai, Gedung Dalom Istana kerajaan adat Sekala Bekhak Kepaksian Pernong, Lembah Batu Bekhak, Kebun Raya Liwa serta Danau Ranau/Lumbokseminung.

Lalu, paket wisata sepotong surga untuk paket dua hari hanya dikenakan biaya Rp550.000/orang termasuk akomondasi, transportasi dan tiket wisata dengan tujuan Suoh, Buit Bakung/Gerdai, Gedung Dalom Istana kerajaan adat Sekala Bekhak Kepaksian Pernong, Lembah Batu Bekhak, dan Kebun Raya Liwa. Kemudian paket wisata Negeri Saibatin paket satu hari dengan biaya Rp450.000/orang termasuk akomondasi, transportasi dan tiket wisata dengan tujuan wisata Suoh, Bukit Bawang Bakung/Gerdai serta Kebun Raya Liwa,  Paket Wisata Negeri Kabut dengan paket dua hari biaya Rp550.000/orang termasuk akomondasi, transportasi dan tikt wisata dengan tujuan Suoh, Bawang Bakung/Gerdai, Kebun Raya Liwa, serta air terjun Sepapah kiri TNBBS.

Selain itu, Ronggur menambahkan, paket wisata Tanoh Unggak yaitu paket dua hari dengan biaya Rp650.000/orang termasuk akomondasi, transportasi dan tiket wisata  dengan tujuan wisata Suoh, Bukit Bawang Bakung/Gerdai, Kebun Raya Liwa serta rafting, sedangkan untuk paket wisata Korola untuk paket satu hari biayanya Rp450.000/orang termasuk makan siang dan tiket wisata dengan tujuan wisata rafting Waybesai, Outbond serta Kampung Kopi Rigisjaya. “Biaya tersebut dapat berubah sewaktu-waktu tergantung pada perundingan, kenaikan tarif penginapan, transporatsi, tiket wisata dan meeting point. Jadi silahkan pilih sendiri tujuan favorit anda untuk selanjutnya kami yang mengantar,” ajaknya (lus/mlo)



Pos terkait