Tingkatkan Mutu Kopi, Tujuh Poktan Dapat Pembinaan

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Guna peningkatan dan perbaikan mutu kopi robusta Lampung Barat, Dinas Perkebunan dan Peternakan (Disbunnak) melaksanakan pembinaan teknis pasca panen kopi dengan pemanfaatan Solar Dryer di Koperasi Agro Panca Bakti, Kecamatan Sekincau, Jumat (20/9)

Kabid Perkebunan Sumarlin, S.P mendampingi Kepala Disbunnak Lambar Agustanto Basmar, S.P, M.Si mengungkapkan, Kabupaten Lampung Barat sejak tahun 2018 mendapat alokasi bantuan Solar Dryer dari Dirjen Perkebunan Kementerian Pertanian RI sebanyak tujuh unit. Adapun kelompok tani (Poktan) penerima manfaat yaitu Poktan Mukti Rahayu,  Poktan Pemuda Tani Tunas Karya,  Poktan Ampera,  Rigisjaya,  Padang Tambak, Mabarjaya, dan Triguna 45.

Bacaan Lainnya



“Hari ini sebanyak 35 anggota poktan yang berasal dari tujuh poktan tersebut,  dibekali menajemen pengelolaan Solar Dryer agar dalam pemanfaatannya dapat menghasilkan mutu kopi yang semakin baik,” ujar Sumarlin, Jumat.

Dalam pertemuan itu, lanjut dia, juga disampaikan materi tentang mekanisme pemanfaatan Solar Dryer, sistem kelembagaan poktan,  pasca panen kopi,  dan manajemen defect biji kopi. Sejumlah materi tersebut disampaikan nara sumber dari Dinas Perkebunan Provinsi Lampung, Manajer Operasional PT Alderon, serta Disbunnak Lambar.

“Dengan adanya pembinaan teknis pasca panen kopi dengan pemanfaatan solar drayer tersebut, kita berharap poktan mampu memperbaiki mutu kopi dan akan memiliki daya saing di mata peminat pasar kopi premium maupun fine robusta,” ungkap Sumarlin.

Seraya menambahkan, fungsi solar drayer yaitu untuk  menjemur dan mengeringkan kopi. “Jadi Solar Dryer itu dimanfaatkan oleh petani untuk menjemur sekaligus mengeringkan kopi. Kita berharap kepada petani supaya melakukan petik merah pada saat panen kopi sehingga kualitasnya bisa lebih bagus,” pungkas dia. (lus/mlo)



Pos terkait