Tingkatkan Produksi, Distan Siapkan 10 Ribu Bibit Kelapa Dalam

  • Whatsapp
Foto Ilustrasi (net)
Foto Ilustrasi (net)

Medialampung.co.id, PESISIR TENGAH – Dinas Pertanian (Distan) Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar) ditahun anggaran 2019 kembali menyalurkan bantuan bibit tanaman kelapa dalam sekitar 10 ribu batang kepada Kelompok Tani (KT) di Kabupaten setempat.

Kabid Perkebunan, Iswandi, S.Ip, mendampingi Kepala Dinas Pertanian (Distan) setempat, Ir.M.Aziz, mengatakan bantuan bibit tanaman kelapa dalam yang akan direalisasikan itu merupakan salah satu program Distan sebagai upaya untuk peningkatan hasil komoditas kelapa dalam sebagai salah satu potensi di Negeri Para Sai Batin dan Para Ulama itu.

Bacaan Lainnya



“Bantuan bibit kelapa dalam yang disalurkan untuk kelompok tani mulai dari Kecamatan Lemong hingga Bangkunat itu telah digulirkan sejak 2016 lalu,” katanya.

Ditambahkannya, dalam penyaluran bantuan bibit tanaman kelapa itu sesuai dengan permintaan yang di ajukan oleh kelompok tani. Sedangkan, di Kabupaten Pesisir Barat terdapat beberapa kelompok tani yang telah mengajukan untuk bantuan bibit tanaman kelapa. Dari seluruh kelompok yang telah mengajukan bantuan bibit itu, Distan juga telah melakukan survey lapangan.

“Kita sudah melakukan survey lapangan ke setiap kelompok tani untuk memastikan area perkebunan kelapa baik lahan baru maupun lahan lama, sehingga bantuan itu bisa tepat sasaran,” jelasnya.

Masih kata dia, dalam satu kecamatan ada sekitar dua sampai empat kelompok tani yang mengajukan bantuan bibit tanaan kelapa dalam, karena itu dari hasil survey hanya ada 11 kelompok tani yang layak untuk mendapat bantuan bibit tanaman kelapa dalam dari Pemkab Pesbar.

“Kita berharap kedepan bagi kelompok tani penerima bantuan bibit tanaman kelapa dalam itu agar bisa dikelola dengan maksimal sehingga bisa menghasilkan produksi yang maksimal,” ujarnya.

Diketahui, pada 2018 lalu hasil produksi kelapa dalam di Pesbar mencapai 7.891 ton dari total luas lahan 7.741 hektare.(yan/mlo)



Pos terkait