Tingkatkan Respon Keluarga, BPS Lakukan Pengisian Data Bersama OPD

  • Whatsapp
Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Lambar Amiruddin

Medialampung.co.id  – Badan Pusat Statisik (BPS) Kabupaten Lambar terus gencar melakukan sosialisasi sensus penduduk (SP) 2020 secara online.

Salah satu langkah yang dilakukan instansi tersebut untuk meningkatkan respon keluarga terhadap SP Online, dengan memberikan bimbingan dengan cara mempraktekkan langsung pada perangkat komputer dan handphone untuk pengisian bersama pada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Kabupaten Lambar dan Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar).

Bacaan Lainnya



Seperti halnya besok, Kamis (12/3), BPS Kabupaten Lambar akan memberikan bimbingan kepada pegawai dan Anggota Kodim 0422/LB, dan pengisian bersama itu dipimpin langsung Kepala BPS Lambar Amiruddin, S.Si , M.M dan Tim Ngisi Bareng dari BPS Lambar. 

Kepala BPS Lambar Amiruddin mengungkapkan, kegiatan bimbingan dengan mempraktekan langsung cara pengisian data pada perangkat komputer dan handphone telah dilaksanakan pihaknya mulai Senin (9/3) di sejumlah OPD di lingkungan Pemkab, seperti halnya Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Bappeda, Dinas Sosial, Dinas Kominfo. 

“Kegiatan pengisian bareng sensus penduduk secara online ini dalam rangka meningkatkan atau menaikkan respon keluarga terhadap SP secara online,” ujar Amiruddin, Rabu (11/3).

Ia menjelaskan, hingga pukul  11.45 Wib, Rabu (11/3) jumlah keluarga di Kabupaten Lambar yang telah mendaftar mencapai 6.701 kepala keluarga (KK) sedangkan untuk Kabupaten Pesisir Barat 1.119 KK.

Masih kata dia, sensus penduduk tahun 2020 (SP-2020), sebagai salah satu upaya dalam menyediakan data jumlah, komposisi, distribusi dan karakteristik penduduk menuju satu data kependudukan yang akan dilakukan dalam dua sesi sensus. 

Sensus yang terbagi dua sesi tersebut berupa sensus online dan sensus wawancara, untuk sensus online dilakukan mulai 15 Februari hingga 31 Maret, sedangkan untuk sensus wawancara dimulai dari 1-31 Juli mendatang.

Target untuk Kabupaten Lambar 20 persen dari jumlah KK yang ada. “Kalau melihat rentang waktu yang ada, masyarakat Lambar cukup antusias namun kita berharap setiap harinya jumlah warga yang mendaftar sensus terus bertambah sesuai dengan harapan,” tegasnya.

Kata dia, untuk sensus penduduk secara online akan dilaksanakan hingga 31 Maret mendatang, jadi pihaknya mengimbau kepada masyarakat Kabupaten Lambar untuk memanfaatkan fasilitas dan waktu yang ada untuk mengisi atau mendaftarkan secara langsung.

“Sensus penduduk secara online ini  untuk mempermudah warga mengisi identitas sehingga tidak perlu didatangi petugas, serta bisa diisi dimana saja dan rahasia data terjamin. Jika sampai akhir Maret mendatang masih ada warga yang belum mendaftar sensus penduduk secara online maka petugas kita akan melakukan sensus Door to Door rumah warga untuk wawancara,” imbuhnya.

Lanjut dia, sensus penduduk 2020 (SP2020) ini adalah pendataan penduduk atau warga secara menyeluruh yang dilaksanakan setiap 10 tahun sekali dan diikuti oleh 54 negara secara serentak. “Sensus penduduk merupakan dasar perencanaan dan evaluasi pembangunan di berbagai bidang antara lain pendidikan, kesehatan, perumahan, tenaga kerja dan bidang lain,” terangnya 

Seraya menambahkan, manfaatnya adalah untuk mengetahui kebutuhan infrastruktur seperti jumlah dan fasilitas sekolah, jumlah dan fasilitas kesehatan, fasilitas komunikasi seperti jaringan telepon dan internet yang memadai dan infrastruktur lainnya. (lus/mlo)



Pos terkait