Tingkatkan Standar Pelayanan Publik, Pemkab Waykanan Datangkan Ombudsman

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Pemerintah Daerah Kabupaten Waykanan menerima kedatangan Ombudsman Republik Indonesia Dalam rangka kunjungan kerja dan pendampingan pelayanan publik Ombudsman RI di Aula Dinas Kesehatan Kabupaten Waykanan, Kamis (25/3) 

Saipul, S.Sos., M.IP., dalam sambutannya menyampaikan terima kasih atas nama Pemerintah Kabupaten Waykanan atas kehadiran Tim Ombudsman RI di Kabupaten Waykanan dalam Rangka Pendampingan Pelayanan Publik.

Bacaan Lainnya

“Dengan kehadiran Tim Ombudsman RI, kami siap mendengarkan saran dan masukan serta monitoring terkait Standar Kepatuhan Pelayanan Publik di Pemda Waykanan demi mempertahankan dan meningkatkan Standar Pelayanan Publik di Waykanan,” ungkap Saipul.

Dilanjutkannya, bahwa Pemkab Waykanan melalui Bagian Organisasi Setdakab telah berinisiatif mendatangkan Tim Ombudsman untuk melakukan koordinasi dalam rangka mempertahankan dan meningkatkan Standar Pelayanan Publik di Kabupaten Waykanan.

Pada kesempatan yang sama Kepala KPM (Kader Pembangunan Manusia) Ombudsman RI perwakilan Lampung, Atika Mutiara Octakepina, S.IP., MH, menyatakan bahwa pertemuan itu sebagai bentuk penilaian kepatuhan penyelenggaraan pelayanan pada pelayanan publik Pemerintah Daerah yang nantinya akan dilakukan evaluasi. Sekaligus sebagai tindak lanjut dari Perjanjian Kerjasama yang sudah terjalin antara Pemerintah Provinsi Lampung dengan Pemerintah Daerah, dimana dalam pernyataan tersebut tertuang bahwa Pemda Waykanan siap untuk menyelenggarakan Standar Pelayanan dan membentuk Unit Pelayanan Pengaduan dimasing-masing OPD,” ujar  Atika Mutiara.

Menurutnya, Pemerintah Daerah Kabupaten Waykanan juga siap untuk menyelenggarakan edukasi dan diseminasi terkait penyelenggaraan Standar Pelayanan dan Pengelola Unit Pengaduan dengan melibatkan pihak Ombudsman.

“Penyelenggaraan Penilaian Kepatuhan akan diselenggarakan tiap tahun, Penilaian bukan hanya pada point Administrasi melainkan juga pada Pelayanan Jasa dan Unit Pelayanan Pengaduan yang sudah harus dimiliki oleh OPD,” jelas Kepala KPM, Atika yang juga mengatakan bahwa Tim Ombudsman telah berkunjung ke Puskesmas Blambangan Umpu, Dinas PMPTSP dan Dinas Kesehatan sebagai sampel OPD.

Nampak hadir pada acara tersebut, Asisten Ombudsman RI/Pj. Penilaian Standar Pelayanan, Hidayat Pratama dan Humas Ombudsman, Izzwarul Hassaidi serta kepala Badan Pendapatan Daerah, Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik, Dinas Pekerjaan Umum, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Dinas Kesehatan, Dinas Tanaman Pangan, Holtikultura dan Peternakan, Dinas Komunikasi dan Informatika, Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Sosial, Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Dinas Perikanan dan Dinas Perkebunan Waykanan.(wk1/mlo)




Pos terkait