Tinjau KBM di Tengah Pandemi, Lingga Minta Siswa Tidak Berkerumun

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Pesisir Barat Ir. N. Lingga Kusuma, M.P., bersama Satuan Tugas (Satgas) Percepatan Penanganan Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) memantau penerapan protokol kesehatan di sejumlah sekolah di Kecamatan Pesisir Tengah, Senin (11/1).

Dalam peninjauan penerapan protokol kesehatan dalam pelaksanaan kegiatan belajar mengajar (KBM) tatap muka, Lingga Kusuma dan Satgas Covid-19 meninjau langsung SDN 1 Krui, SMPN 1 Krui, SMPN 2 Krui dan SMAN 1 Krui.

Bacaan Lainnya

Pada kesempatan itu, Lingga berpesan agar para siswa tidak berkerumun dalam setiap momen di sekolah, baik di dalam kelas maupun saat jam istirahat, sehingga bisa memutus mata rantai penyebaran wabah Covid-19.

“Kunjungan ini dilakukan untuk melihat langsung efektivitas proses belajar mengajar di tengah pandemi Covid-19 di lingkungan sekolah, sehingga penerapan protokol kesehatan dapat maksimal,” kata dia.

Dijelaskannya, penerapan protokol kesehatan pada seluruh sekolah yang disambangi sudah maksimal, baik siswa dan guru semuanya mengenakan masker, selain itu ada jarak antara masing-masing siswa.

“Dalam memaksimalkan penerapan protokol kesehatan guna mencegah penularan wabah Covid-19 di lingkungan sekolah, siswa juga harus membiasakan untuk selalu menggunakan masker, mencuci tangan menggunakan sabun dan menjaga jarak,” jelasnya. 

Lebih lanjut Lingga mengingatkan siswa untuk serius mengamalkan protokol kesehatan itu demi menghindari penularan Covid-19. Selain penerapan 3M, para siswa juga harus membiasakan diri menjaga kebersihan diri dan lingkungan.

“Yang saya tekankan agar tidak ada kerumunan siswa, baik saat melaksanakan KBM jam istirahat ataupun jam masuk dan pulang sekolah karena pada saat itu sangat rentan terjadi kerumunan,” terangnya.

Menurutnya, ketidakdisiplinan siswa dalam menjaga protokol kesehatan, tidak hanya berdampak pada siswa itu sendiri, tetapi juga akan membahayakan keluarga mereka. 

“Mari kita bersama-sama menerapkan protokol kesehatan untuk mencegah penularan wabah ini,” tandasnya. (ygi/mlo)


Pos terkait