Tinjau Penanganan Covid-19, Tim Kemenko Polhukam Kunjungi Lampung Barat

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Tim Kementrian Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Kemenko Polhukam) Republik Indonesia melakukan kunjungan kerja (Kunker) ke Kabupaten Lampung Barat, yang dipusatkan di Ruang Rapat Pesagi Sekretariat Pemkab setempat, Selasa (24/3). 

Kedatangan pejabat Menkopolhukam RI yang terdiri, Kabid Strategi Pertahanan 1/IV Hanneg Kolonel Laut (KH) Drs. Widy Prasetyo S, Kabid Doktrin Pertahanan 1/IV Hanneg  Kolonel Inf. Suteikno Suleman, Analis Polhukam 1/IV Hanneg Domael Putra dan Analis Umum 1/IV Hanneg Ispriyanto tersebut disambut langsung oleh Bupati Lambar Hi. Parosil Mabsus, Wakil Bupati Drs. Mad Hasnurin, Staf Ahli, Asisten dan Kepala Perangkat Daerah Lambar.

Bacaan Lainnya


Bupati Lambar Parosil Mabsus dalam sambutannya mengharapkan, dengan kunjungan tersebut mendapat manfaat untuk mendukung dalam mewujudkan Lambar hebat dan sejahtera menuju Lampung berjaya. 

Ia membeberkan terkait dengan penanganan Covid-19, bahwa menurutnya semenjak terdapat kasus Covid-19 yang terjadi di Jakarta dan menjadi isu nasional, kabupaten setempat langsung mengambil tindakan dalam melakukan pencegahan dan penanganan. Hal itu ditambah mulai dari awal masuknya covid pada 2 April 2020 yang terkonfirmasi salah satu warga Kecamatan Sekincau.  

“Tindakan pencegahan dan penanganan Covid-19 di Lambar mulai dari mendirikan empat posko di perbatasan, melakukan serangan serentak 26 Maret 2020 dalam penyemprotan disinfektan, pembagian 120.000 masker kepada masyarakat yang dibantu unsur Forkopimda, unsur kecamatan dan Pekon,” ungkapnya.

Selanjutnya, kata dia, pihaknya juga memberikan bantuan sembako kepada masyarakat terdampak Covid-19, memberikan insentif kepada tenaga kesehatan yang mempunyai resiko tinggi terhadap Covid-19 dan menggalakkan ketahanan Pangan Mandiri (PM). 

“Hal itu merupakan tindakan langsung dalam upaya memberikan keselamatan kepada masyarakat. “Kesehatan dan keselamatan rakyat merupakan hukum tertinggi dalam sebuah negara,” kata dia. 

Terusnya, Pemkab Lambar mendapat apresiasi pemerintah Provinsi dan Pusat, dalam menangani pasien Covid-19 yang meninggal yang proses pemakamannya dibantu masyarakat dengan gotong royong.

“Kemudian kekayaan lokal adat istiadat yang dimiliki Lampung Barat yang terdapat empat kepaksian, yakni Kepaksian Pernong, Kepaksian Belunguh, Kepaksian Bejalan Di Way dan Kepksian Buay Nyerupa. Empat kepaksian dijaga rapi, mendapat perhatian dari pemerintah dan ikut berkontribusi dalam keamanan di Lambar. Sehingga Kabupaten Lambar terbilang sangat kecil dari segi kriminalitasnya,” jelasnya. 

Sementara, Kabid Strategi Pertahanan 1/IV Hanneg Kemenko Polhukam Kolonel Laut (KH) Drs. Widy Prasetyo S., mengatakan  kunjungan pihaknya yakni Ingin melihat penanganan Covid-19 di Kabupaten Lampung Barat. 

“Kami ingin melihat langsung implementasi di kabupaten, bagaimana pelaksanaan real di lapangan dalam pengkoodinasian. Sejak Gugus Tugas percepatan penanganan Covid-19 dibubarkan dan digantikan dengan Satgas penanganan dan pencegahan Covid-19,” imbuhnya. (nop/mlo)




Pos terkait