TNI-Polri Latih Kemampuan Anggota Linmas Kubuliku Jaya

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Ditengah semakin komplek serta beragamnya persoalan yang ada di tengah masyarakat, khususnya masalah gangguan keamanan dan ketertiban. 

Peran dan fungsi satuan Perlindungan Masyarakat (Linmas) menjadi begitu penting. Linmas memiliki peranan yang strategis dalam menjaga keamanan dan ketertiban di wilayah pekon.

Bacaan Lainnya

Karena itu untuk melaksanakan tugas dan fungsi sebagai anggota Linmas, diperlukan pembinaan ataupun pelatihan sebagai bekal diri dan strategi untuk menjaga keamanan dan ketertiban di lingkungan.

Merespon itu, Babinsa Pekon Kubuliku Jaya bersama Bhabinkamtibmas dan difasilitasi oleh Peratin Pekon Kubuliku Jaya, Romlan melaksanakan kegiatan pelatihan peraturan baris berbaris (PBB) dan kedisiplinan Linmas di Pekon Kubuliku Jaya Kecamatan Batuketulis Kabupaten Lampung Barat, Rabu (25/8).

Babinsa Pekon Kubuliku Jaya Serka Agus Hariyanto mengatakan, pembinaan  bertujuan untuk memaksimalkan peran Linmas dan memberikan pemahaman akan tugas-tugas yang diemban untuk menjaga keamanan di lingkungannya. 

“Harapannya linmas dapat menjalankan tupoksi dengan baik, dan selalu menanamkan kewaspadaan terhadap situasi lingkungan dan tetap semangat, menjaga solidaritas, serta bangga dalam menjalankan tugas sebagai seorang anggota Linmas,” kata Serka Agus.

Ia mengatakan, pembinaan Linmas merupakan salah satu kegiatan pembinaan wilayah dimana Babinsa memiliki tugas menjalin kemitraan dengan para anggota Linmas sebagai mata dan telinga terhadap segala perkembangan yang terjadi di wilayah binaannya. 

“Pelatihan yang kami berikan meliputi gerakan ketangkasan fisik seperti PBB sekaligus pengetahuan tentang wawasan kebangsaan, tujuannya untuk mendidik dan melatih disiplin para anggota Linmas yang menjadi bagian dari mitra Babinsa,” tandasnya.(edi)


Pos terkait