Toko Tani Pekon Bakhu Bakal Dapat Bantuan Beras

  • Whatsapp
Foto Ilustrasi

Medialampung.co.id – Pemkab Lambar melalui Dinas Ketahanan Pangan (DKP) akan mengalokasikan bantuan berupa beras kepada Toko Tani di Pekon Bakhu Kecamatan Batuketulis. Bantuan tersebut dalam rangka mendorong pemulihan perekonomian akibat dampak wabah Coronavirus Disease 2019 (Covid-19).

“Kita akan memberikan bantuan berupa beras dua ton kepada Toko Tani di Pekon Bakhu Kecamatan Batuketulis. Bantuan itu akan kita distribusikan dalam waktu dekat,” ujar Kabid Distribusi, Harga dan Kelembagaan Pangan Ir. Suharto, M.P, mendampingi Kepala Dinas Ketahanan Pangan Ruspan Anwar, S.H, Selasa (6/10).

Bacaan Lainnya



Ia menjelaskan, hingga saat ini di Kabupaten Lambar terdapat tujuh Toko Tani yaitu tiga Toko Tani dibentuk bersumber dari anggaran pendapatan belanja daerah (APBD) Kabupaten Lambar dan empat Toko Tani dibentuk dari swadaya kelompok wanita tani (KWT) dan kelompok tani (Poktan).

Lanjut dia, untuk tiga Toko Tani yang dibentuk bersumber dari APBD berlokasi di Kecamatan Balikbukit, Kecamatan Waytenong dan Kecamatan Batuketulis sedangkan empat Toko Tani yang dibentuk secara swadaya tersebar yaitu  satu Toko Tani di Kecamatan Suoh, dua Toko Tani di Kecamatan Gedungsurian dan satu Toko Tani di Kecamatan Sukau. 

“Untuk tahun ini bersumber dari APBD murni ada bantuan satu ton beras kepada Toko Tani Pekon Bakhu Kecamatan Batuketulis dan bersumber dari dana insentif daerah (DID) akan ada bantuan dua ton beras. Jadi tahun ini Toko Tani di Pekon Bakhu mendapatkan bantuan beras sebanyak tiga ton,” kata dia.

Menurut dia, keberadaan Toko Tani tersebut membantu masyarakat untuk menyediakan kebutuhan pangan seperti halnya beras. 

“Harganya jual di Toko Tani ini juga relatif murah dibandingkan harga di warung atau toko lainnya khususnya untuk komoditas beras, sehingga keberadaan Toko Tani diharapkan dapat membantu masyarakat , kelompok tani dan anggotanya  untuk mencukupi kebutuhan pangan khususnya komoditas beras,” pungkas Suhartono. (lus/mlo)



Pos terkait