Total Kerugian Akibat Kebakaran Ditaksir Capai Rp262 Juta

  • Whatsapp
Dinas Sosial Kabupaten Pesbar menyerahkan bantuan kepada warga yang tertimpa musibah kebakaran di Pekon Sukamarga, Kecamatan Bangkunat. - Foto dok

Medialampung.co.id Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar) menyerahkan Bantuan Persediaan Stok (Baperstok) berupa beras, perabot dapur, peralatan tidur, makanan siap saji dan lainnya ke korban musibah kebakaran di Pekon Sukabanjar Kecamatan Bangkunat, Selasa (19/11).

Kepala Dinsos Pesbar, Hi.Marzuki, S.Ag, S.Pd, M.Pd., melalui Kabid Perlindungan dan Jaminan Sosial, dr.Edwin Ma’as, mengatakan hari ini (kemarin, red) Dinsos setempat selain menyerahkan bantuan ke Syarif warga Pemangku Sukabanjar Pekon Sukamarga yang rumahnya ludes terbakar pada Senin (18/11), juga mendata kerugian pasca terjadinya musibah kebakaran itu.

Bacaan Lainnya



“Mudah-mudahan bantuan yang diserahkan itu bisa meringankan beban warga yang tertimpa musibah itu. Sedangkan untuk bantuan materil lainnya  akan dikoordinasikan kembali di Dinsos dan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait lainnya,” katanya.

Sementara itu, Peratin Pekon Sukamarga, Mat Zaenan, mengaku berterimakasih kepada Pemkab melalui Dinsos setempat yang telah memberikan bantuan berupa kebutuhan pokok hingga perabot dapur dan lainnya kepada warga yang terkena musibah kebakaran tersebut.

“Rumah warga itu kini sudah rata dengan tanah, dan tidak ada lagi barang-barang berharga yang bisa diselamatkan saat terjadi kebakaran,” katanya.

Pihaknya juga berharap ada perhatian dari Pemkab setempat agar warga yang tertimpa musibah mendapat bantuan terutama berupa material bangunan dan materil lainnya. Sehingga warga itu dapat kembali mendirikan bangunan rumah untuk tempat tinggal, meski hanya bangunan sementara.

“Mengigat warga itu merupakan salah satu warga yang tergolong kurang mampu di Pekon Sukamarga ini. Kita juga berharap ada uluran tangan para dermawan untuk membantu warga kita ini,” ujarnya.

Menurut dia, kini warga yang tertimpa musibah kebakaran itu masih tinggal menumpang dirumah warga lain di Pekon setempat. Sedangkan, dari hasil pendataan kerugian pasca terjadinya kebakaran di rumah warga milik Syarif itu total kerugian ditaksir sekitar Rp262 juta. Karena selain rumah, harta dan benda berharga milik korban itu semuanya ludes terbakar seperti emas, uang, kayu untuk bangunan rumah dan barang berharga lainnya.

“Pemerintah Pekon juga rencananya akan berupaya memberikan bantuan ke warga itu. Karena selain milik Syarif, sebagian bangunan rumah milik Baziri Anwar yang berada disamping rumah korban juga ikut terbakar,” jelasnya.

Seperti diberitakan, musibah kebakaran kembali terjadi di Kabupaten Pesbar hingga menghabiskan satu unit rumah milik Syarif, warga Pemangku Sukabanjar, Pekon Sukamarga Kecamatan Bangkunat, Senin (18/11).

Sekretaris Camat Bangkunat, Darmadi, mendampingi Camat setempat Hasanudin, S.Pd., mengatakan musibah kebakaran itu terjadi sekitar pukul 10.30 WIB. Peristiwa na’as itu kali pertama diketahui oleh warga yang melihat ada kepulan asap yang berasal dari atap rumah milik Syarif.

“Warga mengetahui ada kebakaran itu langsung berupaya membantu memadamkan api dengan peralatan seadanya. Pemadaman api juga diibantu menggunakan mobil pengisi air bersih dan tanki air milik salah satu perusahaan di daerah itu,” katanya.

Dijelaskan, saat kejadian api begitu cepat merambat bagian rumah korban yang berdinding papan. Sehingga barang-barang milik korban ikut terbakar. Api berhasil dipadamkan sekitar pukul 12.30 WIB. Meski tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu, kerugian ditaksir hingga puluhan juta rupiah.

“Dugan sementara kebakaran itu belum diketahui apa penyebabnya, begitu juga dengan total kerugian karena kita juga baru akan melakukan pendataan pasca musibah kebakaran itu,” pungkasnya.(yan/d1n/mlo)



Pos terkait