Total Penerima BLT-DD di Lambar Sebanyak 14.375 KPM

  • Whatsapp
Kabid Pemerintahan Pekon DPMP Lambar Ruspel Gultom

Medialampung.co.id – Sebanyak 14.375 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di Kabupaten Lampung Barat, akan menerima bantuan langsung tunai dana desa (BLT-DD).

Launching sudah dilaksanakan di tiga kecamatan yakni Sekincau, Waytenong dan Sumberjaya yang dilakukan langsung oleh Bupati Lambar Hi. Parosil Mabsus, sehingga dalam waktu dekat penyaluran di keseluruhan pekon akan dilakukan.

Bacaan Lainnya



”Untuk total penerima yang akan ditetapkan melalui SK bupati tersebut sebanyak 14.375 KPM yang tersebar di 131 pekon,” ungkap Kabid Pemerintahan pekon Ruspel Gultom, mendampingi Kepala DPMP Lambar Ronggur L Tobing.

BLT-DD yang akan diterima masyarakat tersebut  sebesar Rp600 ribu perbulan, selama tiga bulan terhitung April, Mei dan Juni. Bantuan tersebut harus diterima secara utuh oleh penerima, alias tanpa potongan.

”Untuk penyalurannya tentu akan menyesuaikan,  namun yang pastinya untuk penyaluran tahap pertama ini yakni untuk BLT-DD bulan April,” kata Ruspel menambahkan.

Metode penyaluran kepada masyarakat, akata dia,  harus memperhatikan protokol kesehatan, karena tidak diperbolehkan pengumpulan massa jadi berbagai cara bisa dilakukan seperti penjadwalan untuk warga yang akan menerima, dan bisa juga petugas atau aparat pekon melakukan penyaluran dengan cara door to door didampingi oleh relawan, tinggal dipilih yang mana menurut pekon yang lebih efektif.

“Dalam metode penyaluran juga diatur dengan cara harus memperhatikan prinsip transparansi, akuntabilitas dan efektifitas serta harus mengikuti protokol kesehatan pencegahan Covid-19 dengan cara menjaga jarak, menghindari kerumunan dan memakai masker,” jelasnya.

Sementara, untuk pendataan penerima manfaat, semua pekon sudah selesai, sudah digelar Musyawarah Desa (Musdes),  dan sebagian besar sudah semua pekon menyampaikan laporan kepada kami, dan akan ditetapkan melalui SK bupati. (nop/mlo)



Pos terkait