TP PKK Kabupaten Lambar Gelar Peringatan Hari Kartini ke-142 dan Rakor PKK 

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Kegiatan peringatan Hari Kartini ke-142 dan rapat koordinasi (Rakor) PKK tingkat Kabupaten yang dilaksanakan Tim Penggerak PKK Kabupaten Lambar di Aula Gedung PKK sukses digelar, Kamis (8/4).

Pada momen tersebut, Ketua TPP PKK Kabupaten Lambar Partinia bersama Wakil Ketua I Gurti Komarawati dan Wakil Ketua II Irma Ika Putri menyerahkan bantuan bibit tanaman, sembako serta buku kepada Ketua TP PKK Kecamatan.

Bacaan Lainnya



Ketua TP PKK Kabupaten Lambar Partinia mengatakan, setiap tanggal 21 April, kita semua terutama kaum wanita di seluruh Indonesia memperingati Hari Kartini. Ini penting karena R.A Kartini yang lahir pada tanggal 21 April 1879 merupakan pelopor gerakan wanita Indonesia yang terkenal merintis emansipasi wanita agar memperoleh kesamaan hak dengan kaum pria. Sehingga suatu kewajaran terutama bagi kaum wanita untuk selalu mengenang dan meneruskan perjuangan pahlawan wanita dari Jepara ini karena tidak sedikit hasil dan buah perjuangan sudah dirasakan kita bersama. 

“Bagi kita perjuangan RA Kartini, tentunya harus menjadi inspirasi dalam menempatkan peran perempuan dalam segala lini, tentu saja dalam koridor keimanan dan ketaqwaan dalam mengisi pembangunan bagi kemajuan bangsa sesuai dengan tema peringatan Hari Kartini tahun ini yakni ”Perempuan Lampung Barat Perempuan Hebat”,” ungkap Partinia.

Menurut Partinia, tidak seperti tahun sebelumnya peringatan Hari Kartini dilaksanakan dengan meriah dan mengundang banyak orang melihat situasi wabah Covid-19 saat ini. Untuk ikut berperan dalam penanggulangan wabah Covid-19, TP PKK Kabupaten melaksanakan kegiatan bakti sosial yaitu memberikan paket sembako untuk masyarakat di 15 kecamatan serta bantuan bibit tanaman kepada TP PKK Kecamatan. 

Peruntukan bibit tanaman tersebut, lanjut Partinia, untuk demplot pangan mandiri kecamatan yang tujuannya untuk mendukung program pangan mandiri Kabupaten Lambar. Adapun bantuan bibit tersebut terdiri dari benih jagung, bibit cabai, bibit terong dan bibit tomat. “Harapan saya, bantuan bibit ini bisa ditanam di PKK kecamatan sebagai kebun percontohan untuk pemanfaatan pekarangan agar menjadi contoh bagi pekon pekon yang ada di masing-masing kecamatan,” harapnya.

Lebih jauh Partinia mengatakan, kegiatan Rakor PKK bertujuan untuk memelihara komitmen, memantapkan program dengan meningkatkan koordinasi untuk melaksanakan program-program PKK . Hasil lain yang ingin dicapai adalah terwujudnya persepsi yang sama di bidang penyusunan program, pelaksanaan program, pengadministrasian hasil hasil kegiatan pada semua tingkatan kepengurusan TP PKK dan terciptanya kerjasama harmonis di kalangan TP PKK. 

“Saya berharap kepada ketua TP PKK Kecamatan agar lebih aktif untuk melaksanakan pembinaan ke TP PKK Pekon,” tegas Partinia

Sementara Ketua Panitia Pelaksana Peringatan Hari Kartini ke-142, Eva Sudiana Wasis dalam laporannya mengatakan, latar belakang peringatan Hari Kartini ke- 142 tahun 2021, merupakan upaya bangsa Indonesia untuk mengenang sejarah hari lahirnya Kartini. 

“Tujuan kegiatan ini untuk mengenang sejarah lahirnya Kartini. Sedangkan tema peringatan Hari Kartini ke- 142 Tahun 2021 ini adalah “Perempuan Lampung Barat Perempuan Hebat,” ungkap Eva. (lus/mlo)




Pos terkait