TP PKK Lampung Bantu Penanganan Covid-19 Hingga Tingkat Kecamatan

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Lampung, Riana Sari menghadiri rapat bersama Ketua Umum Tim Penggerak PKK Pusat, Tri Tito Karnavian secara virtual  meeting bertempat di ruang video conference Dinas Kominfo dan Statistik Provinsi Lampung, Rabu (9/9).

Rapat ini dihadiri Plt. Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa dan Transmigrasi dan Tim Penggerak PKK Kabupaten/Kota se-Lampung.

Bacaan Lainnya



Dalam kesempatannya, ketua TP PKK Provinsi Lampung menyampaikan laporan penanganan Covid-19 dan pelaksanaan Gerakan Bersama Pakai (Gebrak) Masker Tim Penggerak PKK Provinsi Lampung bersama dengan Tim PKK kabupaten/kota yang bersinergi sampai tingkat kecamatan, desa atau kelurahan.

Untuk penanganan Covid-19, Tim Penggerak PKK Provinsi Lampung terus bergerak sejak bulan Maret 2020 melalui Koordinasi dan sinergi dengan Tim Penggerak PKK kabupaten/kota melalui surat edaran yang meliputi antisipasi penanganan Covid-19, peran aktif Tim Penggerak PKK dalam penanganan Covid-19 dan imbauan pelaksanaan imunisasi dan pemeriksaan ibu hamil di situasi pandemi.

Kemudian Imbauan dan edukasi kepada masyarakat baik melalu media cetak, media elektronik, maupun media sosial. Kampanye secara langsung melalui dialog, diskusi, penyuluhan kelompok baik secara langsung maupun secara online melalui Vidcon atau Webinar

Selanjutnya, pemberian bantuan bagi masyarakat yang terdampak secara ekonomi melalui pelaksanaan bakti sosial dan Jumat barokah yang dilaksanakan setiap Minggu dan Talk Show yang telah dilaksanakan di 10 Kabupaten Kota di Provinsi Lampung.

Dalam kesempatan Talk Show tersebut selain memberikan bantuan, juga telah dilaksanakan penyuluhan dan pelatihan kepada masyarakat terkait penguatan UP2K serta peningkatan gizi keluarga dan mengedukasi masyarakat akan pentingnya melaksanakan protokol kesehatan secara disiplin.

Selanjutnya, pada periode bulan Maret sampai dengan bulan Agustus 2020 total bantuan yang telah didistribusikan oleh Tim Penggerak PKK Provinsi Lampung, yaitu 13.800 masker kain, 5.183 paket sembako, 55 paket ternak ikan dalam ember, hand sanitizer, alat pembersihan, bibit tanaman

Selain itu, Riana Sari menambahkan telah menginisiasi pelaksanaan Gerakan Siger, Saatnya Ikut Bergerak Untuk Rakyat yang membutuhkan, yang saat ini telah menjadi gerakan bersama seluruh organisasi wanita Tim Penggerak PKK Provinsi dan Kabupaten Kota Se-Provinsi Lampung.

“Berbeda dengan pemberian sembako, gerakan ini merupakan gerakan berbagi dengan masyarakat sekitar berupa sayuran dan bahan lauk pauk serta bumbunya. Selain itu melalui Gerakan Siger ini diharapkan juga dapat membantu petani dengan membeli hasil pertaniannya,” jelasnya. (*/mlo)



Pos terkait