TPS II Gunungkemala Timur Kekurangan 92 Surat Suara

  • Whatsapp
Pelaksanaan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati di TPS II Pekon Gunungkemala Timur

Medialampung.co.id – Tempat Pemungutan Suara (TPS) II Pekon Gunungkemala Timur, Kecamatan Waykrui, Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar), mengalami kekurangan surat suara dalam pelaksanaan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati, pada Rabu (9/12).

Kekurangan surat suara tersebut diketahui setelah Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) melihat jumlah suara tinggal sedikit lagi sedangkan jumlah daftar pemilih tetap (DPT) yang belum menyalurkan hak pilih masih banyak.

Ketua KPPS Gunungkemala Timur Nazrul Arif., mengatakan kekurangan surat suara pada TPS II Pekon Gunungkemala Timur tersebut sebanyak 92 lembar surat suara, dari 290 DPT, surat suara yang tersedia hanya 198 lembar.

“Kami tidak mengetahui kekurangan surat suara tersebut, karena saat tiba kondisi kota suara dalam kondisi masih disegel dan baru dibuka saat pelaksanaan pemilihan akan dilaksanakan,” kata dia.

Dijelaskannya, mengetahui kondisi tersebut pihaknya langsung melakukan koordinasi dengan KPU Pesbar agar segera dicarikan solusinya, salah satunya dengan melakukan penambahan surat suara mengingat masih banyak warga yang belum menyalurkan hak pilihnya.

“Alhamdulillah laporan kita langsung direspon oleh KPU dengan mengambil surat suara yang tidak digunakan di TPS lainnya di Kecamatan Waykrui untuk menambah kekurangan surat suara itu,” ujarnya.

Sementara itu, Komisioner KPU Pesbar Marten Efendi saat dikonfirmasi membenarkan kejadian tersebut, hal tersebut terjadi diduga akibat kesalahan petugas KPU saat melakukan pengemasan logistik.

“Kita sudah melakukan upaya penambahan surat suara dengan mengambil kelebihan surat suara di sejumlah TPS di wilayah Kecamatan Waykrui dan dituangkan dalam berita acara dan dikoordinasikan dengan Bawaslu,” ungkapnya.

Sementara itu, terkait adanya kejadian serupa di wilayah kecamatan lainnya, Marten mengaku hingga kini belum ada laporan yang pihaknya terima, namun untuk kelengkapan logistik lainnya masih ada kekurangan pada sejumlah TPS.

“Untuk kekurangan surat suara hanya di TPS II Pekon Gunungkemala Timur ini saja, sedangkan untuk di TPS lainnya sampai sekarang belum ada laporan yang kita terima,” pungkasnya. (ygi/mlo)




Pos terkait