TPS Pilkada Pesbar Akan Bertambah Menjadi 318 TPS

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar) akan menambah jumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) dalam Pilkada serentak 2020 di Kabupaten Pesbar yang akan dilaksanakan di tengah pandemi covid-19 Desember mendatang.

Ketua KPU Pesbar, Marlini, mengatakan ada penambahan jumlah TPS dalam Pilkada 2020 itu berdasarkan hasil kesimpulan rapat DPR RI dan Pemerintahan Pusat bersama KPU RI, Bawaslu serta pihak terkait lainnya melalui video conference, Rabu (3/6) kemarin. Dalam rapat itu ada beberapa poin yang disimpulkan salah satunya mengurangi jumlah pemilih di TPS.

Bacaan Lainnya



“Setiap TPS akan dikurangi menjadi 500 pemilih dari sebelumnya sebanyak 800 pemilih per TPS, sebagai upaya pencegahan penyebaran covid-19,” kata dia, Kamis (4/6).

Dengan begitu, lanjutnya, jumlah TPS Pilkada 2020 di Kabupaten Pesbar akan bertambah, karena di Pesbar banyak lokasi TPS dengan jumlah lebih dari 500 pemilih. Untuk jumlah TPS pada Pilkada Pesbar 2015 lalu sebanyak 282 TPS, jika mengacu pada data Pemilu terakhir di Pesbar mencapai 112.343 mata pilih, maka disimpulkan dalam Pilkada 2020 akan ada penambahan 36 TPS.

Sehingga jumlah total menjadi 318 TPS, selain TPS tentunya akan ada penambahan logistik Pilkada mulai dari kotak suara hingga bilik suara dan perlengkapan lainnya, karena untuk logistik Pilkada yang ada di TPS itu menyesuaikan dengan jumlah TPS yang ada, begitu juga dengan petugas di TPS pun akan ada penambahan.

“Dengan adanya penambahan jumlah TPS itu juga berdampak pada penambahan anggaran. Untuk rancangan penambahan anggaran khusus TPS itu sebesar Rp300 juta,” jelasnya.

Dijelaskannya, selain penambahan TPS, kemungkinan juga akan ada pengaturan jadwal pencoblosan di TPS untuk meminimalisir terjadinya kerumunan, namun mengenai teknis lainnya KPU Pesbar juga tetap menunggu instruksi dari KPU RI, karena Pilkada di tengah pandemi covid-19 nanti jelas harus benar-benar menerapkan protokol kesehatan seperti menggunakan masker, cuci tangan pakai sabun, jaga jarak dan sebagainya.

“Besok rencananya KPU Pesbar akan kembali mengikuti rapat koordinasi dalam jaringan (daring) melalui video conference dengan Kemendagri membahas tindak lanjut persiapan Pilkada 2020 itu,” tandasnya.(yan/d1n/mlo)



Pos terkait