Tradisi Poktan Karya Bersama Pekon Waspada Layak Diadopsi 

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Jika selama ini dibentuknya Kelompok Tani (Poktan) identik untuk mendapatkan bantuan dari pemerintah. Namun Poktan Karya Bersama, Pekon Waspada, Kecamatan Sekincau, Kabupaten Lampung Barat (Lambar).

Bukan saja dibentuk, sekedar fokus untuk perolehan bantuan, melainkan betul-betul dimanfaatkan para anggota dalam mempermudah dan mempercepat lahan garapan melalui aksi kerja gotong royong.

Bacaan Lainnya

Seperti yang saat ini tengah digencarkan, secara berkeliling anggota poktan tersebut melakukan pemeliharaan areal perkebunan kopi, dalam upaya itu ada yang berperan merumput ilalang, ada yang melakukan pemupukan, ada pula yang melakukan penyambungan (stek) kopi. 

Salah satu anggota poktan Dedi Rustandi, menyebutkan, gotong royong pengelolaan lahan tersebut memang sudah menjadi bagian dari aktifitas rutin kelompok. 

“Dengan upaya ini antara anggota bukan saja bisa bertukar ilmu dalam pengolahan usaha, namun saling membantu dalam meringankan biaya pengolahan seperti kebun kopi,” katanya.

Dan ketika ada kendala antar anggota tidak sungkan menyampaikan ke anggota lainnya untuk dicarikan solusi. “Alhamdulilah Poktan kami tetap solid dan benar-benar menjadi wadah dalam meningkatkan ilmu pengetahuan di bidang usaha perkebunan dan pertanian,” katanya. 

Keaktifan Poktan tersebut mendapatkan apresiasi dari peratin setempat Heri Subagio, yang berharap apa yang sudah menjadi tradisi kelompok itu untuk terus ditingkatkan dan betul-betul menjadi wadah yang mendidik petani mandiri.

“Pekon akan selalu siap mendukung untuk kemakmuran kelompok tani,” tandasnya. (r1n/mlo)

Pos terkait