TRC BPBD Lambar Bersihkan Pohon Tumbang di Jalur Liwa-Krui

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Tim Reaksi Cepat  (TRC) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lampung Barat melakukan penanganan pohon tumbang di jalur Liwa-Krui tepatnya di Kawasan Taman Nasional Bukit Barisan Selatan (TNBBS) Pekon Kubuperahu, Kecamatan Balikbukit, Minggu sekira pukul 12.30 WIB.

Diketahui, pohon tumbang akibat hujan yang melanda wilayah setempat sekitar pukul 11:40 WIB. Tidak ada korban dalam peristiwa tersebut.

Bacaan Lainnya



Kabid kedaruratan dan logistik Mekal Novisa S.T, mendampingi Kepala BPBD Maidar S.H, M.Si, mengatakan, proses pembersihan pohon tumbang tersebut berlangsung sekitar 45 menit dan kini arus lalulintas dari dua arah kembali lancar.

“Peristiwa itu sempat membuat akses jalan hanya dapat dilalui satu jalur, namun kini akses sudah kembali lancar,” kata Mekal. 

Untuk itu, ditengah kondisi cuaca saat ini pihaknya mengimbau warga khususnya pengendara agar tetap waspada terhadap segala potensi bencana terutama longsor dan pohon tumbang karena secara umum Lambar merupakan wilayah perbukitan sehingga rawan terjadi longsor.

“Kami me­ng­imbau warga waspada dan berhati-hati terutama di wilayah yang rentan terjadi ben­cana,  Terutama di jalur Liwa -Krui karena selain longsor, bencana pohon tumbang juga mengancam,” pesannya.

Sebagai upaya antisipasi di tengah cuaca saat ini pihaknya juga terus melakukan pemantauan terhadap lokasi-lokasi yang ber­potensi terjadi bencana.

“Bencana alam bisa terjadi se­tiap waktu. Karena itu, warga harus selalu diingatkan agar tetap waspada. Tim kami juga membuka pintu bagi warga yang butuh bantuan. Apabila terjadi bencana di lingkungan sekitar segera laporkan ke BPBD atau melalui aparat setempat,” tandasnya.(edi/mlo)



Pos terkait