Tren Kasus Baru Covid-19 di Lambar Menurun, Ruang Isolasi RSUDAU Mulai Kosong

  • Whatsapp
Direktur RSUDAU dr. Iman Hendarman, Sp.A.

Medialampug.co.id – Tren kasus baru terkonfirmasi Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) di Kabupaten Lampung Barat mengalami penurunan. Berdasarkan update Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 setempat, pada Selasa (13/4), diketahui tidak ada penambahan kasus baru .

Selain itu, jika sebelumnya ruang isolasi dan juga ruang transisi pada Rumah Sakit Umum Daerah Alimuddin Umar (RSUDAU) penuh dengan pasien terkonfirmasi Covid-19 dan pasien suspect, kini sudah mulai kosong bahkan hanya tersisa dua pasien isolasi lagi dan dua pasien suspect yang masih menunggu hasil pemeriksaan spesimen Swab.

Bacaan Lainnya

Direktur RSUDAU dr. Iman Hendarman, Sp.A., mengungkapkan,  sejak sepekan terakhir untuk jumlah pasien Covid-19 yang ditangani RSUDAU setempat terus mengalami penurunan, begitu dengan jumlah pasien yang berada di ruang transisi.

”Untuk saat ini hanya ada dua pasien di ruang isolasi, dan dua pasien di ruang transisi, kondisi kesehatan para pasien ini Alhamdulillah terus membaik, bahkan untuk pasien yang ada di ruang isolasi Insya Allah besok atau lusa sudah bisa pindah ruangan atau jika memang sudah memungkinkan diperkenankan untuk pulang,”  ungkap Iman Hendarman ditemui di ruang kerjanya Selasa (13/4).

Menurutnya, sebagai rumah sakit rujukan bagi pasien terkonfirmasi Covid-19, pihaknya tentu  terus melakukan pembenahan-pembenahan terhadap pelayanan, termasuk menjamin keamanan dan kenyamanan pasien lain atau masyarakat yang berkunjung ke rumah sakit plat merah tersebut.

”Untuk pasien yang memiliki gejala mengarah pada Covid-19 kami tempatkan di ruang transisi, sembari menunggu hasil swab keluar, dan jika  saat hasil swab keluar dan hasilnya dinyatakan positif terpapar Covid-19 maka akan dipindahkan ke ruang isolasi dengan tekanan negatif sehingga aman. Jadi masyarakat jangan khawatir, saat berkunjung ke rumah sakit, karena tentu segala resiko telah diminimalisasi, hanya saja penerapan protocol kesehatan tentunya harus diterapkan,”  kata dia.

Sementara itu, Satgas Penanganan Covid-19 Lambar Bidang Komunikasi Publik Erna Yanti, S.Farm, Apt, MPH., mengungkapkan, saat ini total kasus mencapai 509 kasus, dengan jumlah kematian sebanyak 20 kasus dan 473 orang telah selesai melakukan isolasi dan dinyatakan sehat.

”Untuk kasus baru tidak ada, dan menang dalam dua minggu terakhir ini tren kasus baru terus mengalami penurunan, dan tentunya kita berharap pandemi ini segera berakhir,” kata dia, seraya menghimbau kepada seluruh lapisan masyarakat agar tetap patuhi protokol  kesehatan, seperti memakai masker, mencuci tangan pakai sabun di air mengalir, menjaga jarak, mengurangi mobilitas, dan menghindari kerumunan. (nop/mlo)




Pos terkait