Tren Pelanggaran Naik, Bawaslu Harapkan Pemilu 2024 Lebih Baik

  • Whatsapp

Medialampung co.id. – Anggota Bawaslu RI Ratna Dewi Pettalolo membuka Sekolah Kader Pengawas Partisipatif (SKPP) Tingkat Dasar 2021 di BBC Hotel Bandarjaya. 

Ratna Dewi menyatakan, sekarang ini Bawaslu bisa sejajar dengan KPU sebagai lembaga pengawas pemilu.

Bacaan Lainnya

“Bawaslu bisa sejajar dengan KPU. Bawaslu sebagai lembaga pengawas sudah permanen. Bagaimana kita mengawasi proses pemilu agar terpilih pemimpin yang amanah yang berpihak kepada kepentingan rakyat,” katanya.

Ratna Dewi berharap dengan SKPP ini terbentuk kader yang mahir dan berkualitas mewujudkan perjuangan Bawaslu. “Bagaimana Bawaslu mewujudkan pemilu jurdil. Karena itu, ikutilah SKPP ini dengan serius dan keaktifan. Ini salah satu program unggulan Bawaslu RI selain program Pojok Pengawasan, dll. Bawaslu juga harus mendorong partisipasi pemilih. Kita dorong masyarakat jadi bagian mendorong proses pemilu jurdil,” ujarnya.

Dewi Ratna juga mengakui tren pelanggaran pemilu terus mengalami kenaikan. Ada fasilitas negara digunakan, money politics, isu SARA, dan hoax. 

“Nah bagaimana Bawaslu bersama rakyat bisa mencegah itu semua. Adanya money politics karena masyarakat malah mendukung itu. Berbeda pilihan boleh saja tapi jangan memecah belah. Mudah-mudahan Pemilu 2024 lebih baik lagi. Pemilu 2019 meninggalkan catatan-catatan yang harus terus diperbaiki,” ungkapnya. (sya/mlo)




Pos terkait