Trimulyo 4 Besar Nasional Seleksi Desa Brilian 2021

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Hebat! Pekon Trimulyo, Kecamatan Gedungsurian, Kabupaten Lampung Barat berhasil masuk empat (4) besar nasional dalam seleksi Desa Brilian 2021 se-Indonesia. 

Program Desa Brilian adalah program yang diinisiasi BRI Pusat bekerja sama dengan Kementerian Desa dan Transmigrasi RI, (Bumdes.i’d) untuk menyeleksi desa peserta yang memiliki kriteria sebagai desa brilian.

Desa brilian mempunyai kriteria, sebagai berikut pertama, desa yang mempunyai Bumdes yang aktif sebagai penggerak perekonomian di desa, kedua, adanya digitalisasi yang terimplementasi di desa yang menggunakan produk BRI seperti BRILink dan lain-lain.

Ketiga adanya aspek inovasi desa sebagai desa kreatif yang bisa memecahkan masalah kemasyarakatan dan sosial desa, keempat, sustainability, adanya kelanjutan desa yang mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui sektor unggulan desa.

Pekon Trimulyo menjadi  satu-satunya peserta dari Kabupaten Lampung Barat dan salah satu peserta dari 2.067 desa se-Indonesia yang mengikuti seleksi tahun ini.

Disampaikan Peratin Trimulyo Buchori, S.P., penilaian dilakukan menggunakan pemeriksaan berkas yang dikirim dan dokumen, termasuk foto dan video serta presentasi peratin terkait Desa Brilian dan apa yang sudah dilakukan oleh Desa. “Alhamdulillah Trimulyo masuk 4 besar Nasional,” tegasnya. 

Kegiatan itu dilaksanakan dari bulan Januari 2021 dan berakhir akhir Maret 2021. Pengumuman pemenang dilakukan melalui Zoom meeting oleh BRI Pusat dan Kemendes pada pukul 16.00 WIB  Selasa (6/4). “Bagi pemenang akan diberikan reward dan pendampingan oleh BRI,” sebut dia.

Atas keberhasilan tersebut, Buchori mengucapkan terima kasih kepada segenap perangkat Pekon Trimulyo, dan masyarakat Trimulyo, Pengurus Bum Pekon Tekad Trimulyo, TA PD Pemerintah Kecamatan, Dinas PMD Lambar dan pihak terlibat lainnya yang membantu proses kegiatan, hingga yang bekerja di belakang layar demi keberhasilan seleksi. 

“Ucapan terima kasih juga kepada BRI yang telah memberikan kesempatan berharga ini, semoga keberhasilan ini menjadi cambuk dan penyemangat kerja Pekon Trimulyo lebih baik kedepannya,” tandasnya. (r1n/hrs/mlo)




Pos terkait