Tujuh Khasiat Ikan Nila untuk Kesehatan, Baik untuk Persendian

  • Whatsapp
dok: elitereaders.com

Medialampung.co.id – Ikan nila memiliki khasiat untuk kesehatan tubuh Anda. Ikan nila memiliki banyak jenis, tetapi yang paling umum ditemui adalah nila hitam dan nila merah.

Ikan yang hidup di air tawar tersebut merupakan salah satu sumber protein. Ikan nilai juga memiliki senyawa asam folat yang baik untuk tubuh Anda. Sumber vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh juga terkandung di dalam ikan nila.

Dilansir dari laman SehatQ, ikan nilai juga kaya niacin, vitamin B12, fosfor, selenium, dan kalium. Ikan nila mudah diperoleh di pasar, supermarket, atau tempat belanja lainnya.

Ikan nila memiliki kandungan kadar lemak, kolesterol baik, dan kalori yang lebih rendah dibandingkan daging sapi. Vitamin B12 yang terkandung dalam ikan nila sangat penting untuk menjaga energi pada tubuh Anda.

Bahkan, ikan nila adalah sumber vitamin D dan protein yang tinggi. Medialampung.co.id  telah merangkum dari berbagai sumber , manfaat ikan nila untuk kesehatan tubuh Anda. 

1. Menjaga Kadar Kolesterol

Ikan nila mengandung senyawa asam lemak omega-3. Jumlah asam lemak omega-3 pada ikan nila lebih tinggi dibandingkan ayam dan daging sapi.

Asam lemak omega-3 pada ikan nila membantu untuk menjaga kadar kolesterol pada tubuh. Hormon insulin pada ikan nila juga membantu membuat otot lebih peka.

Ikan nila juga disarankan dikonsumsi oleh penderita diabetes.

2. Melindungi Kesehatan Kardiovaskular

Senyawa yang terkandung di dalam ikan nila bisa mengurangi jumlah kolesterol dalam arteri di tubuh Anda. Jika Anda memiliki kadar kolesterol yang berlebih, bisa menyebabkan aterosklerosis.

Asam lemak omega-3 yang terkandung di dalam ikan nila memiliki khasiat mengurangi terjadinya aterosklerosis, serangan jantung, dan stroke. Senyawa kalium pada ikan nila membantu mengurangi tekanan darah dan meningkatkan sirkulasi darah tubuh.

Senyawa yang terkandung pada ikan nila tidak terlalu tinggi, tetapi cukup untuk kesehatan tubuh Anda. Senyawa kalium berguna untuk meningkatkan kemampuan kognitif Anda.

3. Melancarkan Pencernaan

Mengonsumsi ikan nila dapat meningkatkan pencernaan tubuh Anda. Teksturnya yang lembut pada ikan nila sangat mudah dicerna oleh tubuh.

Tubuh dengan cepat mencerna ikan nila dan bisa mencegah peradangan atau konstipasi di dalam tubuh Anda. Anda bisa mengombinasikan hidangan ikan nila dengan sayuran.

Selain mengandung vitamin B12 yang tinggi, ikan nila juga memiliki kandungan vitamin B3. Vitamin B3 memiliki manfaat untuk mencegah gangguan pencernaan di tubuh Anda.



Pos terkait