Tujuh Ternak Kambing Warga Diduga Dimangsa Hewan Buas

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Ternak kambing warga di Pekon Mekarjaya, Kecamatan Gedungsurian, Kabupaten Lampung Barat, diduga dimangsa hewan buas.

Warga pekon setempat resah terkait matinya enam ekor kambing warga dan satu ekor sekarat saat dikurung dalam kandang. Anehnya, ternak-ternak tersebut hanya dimakan pada bagian leher, dan hingga saat ini belum diketahui pasti jenis hewan buas tersebut. 

Terkait kejadian tersebut, personel TNI dari Koramil 06/Sumberjaya bersama Polisi Hutan (Polhut) serta tim SKW 3 Lampung BKSDA Provinsi Bengkulu telah melakukan upaya pemeriksaan untuk mengetahui secara pasti masalah tersebut.

Danramil Sumberjaya Kapten Inf Asyadi kepada wartawan media ini membenarkan bahwa sejumlah ternak warga di pekon tersebut diduga dimangsa hewan buas. Hanya saja belum dapat dipastikan jenis hewan pemangsa itu. 

Menurutnya, masyarakat sempat resah karena banyaknya ternak kambing warga dimakan pada bagian leher dan perut. 

“Saat ini kami belum dapat memastikan, tetapi kuat dugaan dengan jejak bekas kaki, pemangsa kambing warga merupakan hewan buas, bertaring dan berkuku tajam Beruang, yang mana hewan tersebut termasuk yang dilindungi pemerintah karena keberadaannya semakin berkurang,” tegasnya. 

Diulas Asyadi, awalnya masuknya laporan dari masyarakat bahwa setiap malam kambing peliharaan mati dengan kondisi leher digigit. Dan ternak kambing yang sudah jadi korban empat ekor milik Zainal, dua ekor milik Midi, dan satu ekor milik Emek.

 “Atas kejadian itu kami langsung berkoordinasi dengan polhut setempat menyampaikan  telah terjadi pemangsa hewan buas disinyalir binatang beruang,” ungkapnya. 

Dan sebagai responnya Dinas Polhut dari BKSDA Kementerian Kehutanan langsung turun dengan rombongan untuk melakukan pengecekan dan saat ini tengah melaporkan untuk upaya penangkapan sekitar di Register 39 Pekon Mekarjaya tersebut. (r1n/hrs)




Pos terkait