Tumbuhkan Semangat Nasionalisme, Pekon Purajaya Bangun Gapura Bernuansa HUT RI

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Walaupun dampak pandemi Covid-19 berimbas pada pembatasan rangkaian kegiatan perayaan HUT RI Ke-76, 2021, bahkan dalam upacara peringatan pesertanya dibatasi, pencegahan penularan virus corona dengan Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4. Namun, tidak menyurutkan rasa nasionalisme masyarakat. 

Seperti di Pekon Purajaya, Kecamatan Kebuntebu, Kabupaten Lampung Barat (Lambar), walaupun pada HUT RI tahun ini tidak banyak tradisi kegiatan dilakukan, akan tetapi pekon yang dipimpin Peratin Samsu Kendar, S.Hut. Tersebut tetap menjalankan tradisi.

Bacaan Lainnya

Seperti pembuatan gapura desa bertemakan kemerdekaan RI, dengan berkibar bendera Merah Putih berdiri dengan kokoh di tengah pekon itu.

“Tahun ini khususnya pemerintah kecamatan tidak memberlakukan lomba penataan pekon dalam rangka peringatan HUT RI. Tapi karena penataan pekon seperti pembuatan gapura sudah tradisi dan salah satu luapan penghormatan kepada para pahlawan yang telah gugur kami berinisiatif untuk tetap membangun gapura kemerdekaan tersebut,” tegasnya.

Disebutkan Samsu Kendar, meskipun dunia saat ini tengah dilanda pandemi Covid-19 namun tidak akan mengurangi rasa nasionalisme dan bentuk penghormatan kepada Negara dan Pahlawan RI. “NKRI Harga Mati,” ujarnya. 

Terpisah Camat Kebuntebu Ernwati, S.E., mengapresiasi inisiatif pekon-pekon yang melakukan penataan seperti pembangunan gapura, karena kegiatan itu merupakan tradisi dalam rangka memperingati HUT RI, hanya saja sejak dua tahun ini masih ditiadakan untuk perlombaannya karena situasi pandemi Covid-19.  

“Semoga di peringatan HUT RI tahun depan, kondisi dunia sudah normal dari pandemi virus corona ini, dan semua hajat, tradisi warisan leluhur untuk NKRI bisa kembali kita laksanakan,” imbuhnya,

Dari pantauan media ini pembangunan gapura juga tampak di beberapa pekon lainnya, dimana keindahan pekon juga dipadukan kibaran bendera merah putih serta umbul-umbul di semua rumah masyarakat dan semua fasilitas, dan semua penjuru. (r1n/mlo)


Pos terkait