Tunjang Mobilitas Warga, Sukarame Ajukan Pembangunan Jalan di APBD 2022

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Pemerintah Pekon Sukarame, Kecamatan Belalau, Kabupaten Lampung Barat menggelar Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) tingkat pekon untuk merumuskan program pembangunan di tahun anggaran 2022 mendatang.

Musrenbang yang dilaksanakan di balai pekon setempat, Senin (5/10) itu dihadiri Camat Belalau Sri Handayani, S.H, Sekcam Belalau Romuzi, S.I.P, Peratin Sukarame Selama Heryadi, Pendamping Desa, Babinsa, Babinkamtibmas, TP-PKK, Kader Posyandu, pengurus BUMP serta sejumlah tokoh masyarakat.

Peratin Sukarame, Selamat Heryadi mengatakan berdasarkan hasil musrenbang tersebut, salah satu usulan prioritas pada program anggaran  pendapatan belanja daerah (APBD) di tahun 2022 mendatang yaitu pengerasan atau pembangunan jalan di Pemangku IV Pahiton sepanjang 1.500 meter.

“Peningkatan jalan yang status pembangunannya menjadi kewenangan kabupaten ini sangat dibutuhkan oleh masyarakat, mengingat kondisinya masih tanah. Sementara selain sebagai jalan usaha tani, jalan ini menjadi akses utama masyarakat untuk beraktivitas sehari-hari termasuk menunjang kegiatan pendidikan,” ungkapnya.

Menurutnya, jalan merupakan sarana penting untuk menopang perekonomian warga seperti halnya jalan produksi sebagai sarana pendukung untuk mempermudah mobilitas warga yang mayoritas merupakan petani kopi. 

“Jalan menjadi hal yang paling dibutuhkan oleh masyarakat dalam memaksimalkan potensi lahan untuk pertanian maupun perkebunan sehingga kami berharap usulan ini dapat terealisasi meskipun pembangunan harus dilakukan secara bertahap,” harapnya.

Sementara, Camat Belalau Sri Handayani, S.H, menyampaikan bahwa seluruh usulan masyarakat dalam musrenbang tingkat pekon akan dirangkum dan selanjutnya disampaikan dalam musrenbang tingkat kecamatan hingga di tingkat tingkat kabupaten.

“Musrenbang merupakan sarana strategis untuk menentukan arah, tujuan, dan sasaran program anggaran baik dana desa maupun APBD, untuk itu apapun yang menjadi usulan prioritas di tingkat pekon akan kita tindklanjuti pada musrenbang di tingkat selanjutnya, mudah-mudahan apa yang menjadi aspirasi masyarakat ini dapat terealisasi,” harapnya.(edi/mlo)



Pos terkait