Tunjang PM, Warga Pekon Sukadamai Bangun Lahan Ketahanan Pangan 

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Masyarakat Pekon Sukadamai, Kecamatan Airhitam, Kabupaten Lampung Barat (Lambar) didampingi Babinsa setempat Serka Ruswan, melaksanakan penanaman bibit palawija, di demplot ketahanan pangan pekon tersebut, Rabu (9/12).

Seperti diketahui gerakan penanaman palawija tersebut guna menunjang program ketahanan pangan atau Pangan Mandiri (PM) yang telah dilouncingkan oleh Bupati Parosil Mabsus sebelumnya. 

Menurut keterangan Peratin Hendri Setiawan, program PM tersebut merupakan anjuran langsung Bupati Parosil Mabsus, dalam memanfaatkan secara maksimal lahan-lahan khususnya yang selama ini tidak berfungsi baik atau menghasilkan. 

“Di demplot ini kami menanam beberapa jenis palawija seperti terong, cabai, tomat, jagung, alpukat, jambu kristal dan sawo,” ungkapnya.

Dimana dengan begitu diharapkan akan menular ke warga untuk memanfaatkan lahan seperti dijadikan demplot.

“Iya lahan warga cukup mendukung baik itu perkebunan, maupun pekarangan yang masih luas karena itu mulai saat ini akan diupayakan sebaik mungkin lahan-lahan tersebut mampu digarap dengan baik,” harapannya. 

Pada kesempatan itu Hendri juga menyampaikan ucapan terimakasih kepada Dinas Ketahanan Pangan Lambar yang telah memberikan bantuan bibit kepada pekon tersebut, hal itu sangat membantu masyarakat memulihkan perekonomian di masa pandemi.

“Dengan bantuan ini harapan saya bisa menambah penghasilan masyarakat terutama ibu-ibu yang intens dalam menata pekarangan rumah,” ujarnya

Sementara Serka Ruswan mengapresiasi semangat dan kebersamaan warga Pekon Sukadamai dalam mewujudkan Program PM tersebut. Meski secara kalender (Rabu-red) hari libur karena berlangsungnya Pilkada, ditambah kondisi cuaca yang kurang bersahabat tapi tidak menghalangi niat warga melakukan gotong royong. (r1n/mlo)




Pos terkait