TWNC Terima Harimau Sumatera Dari BKSDA Wilayah II Sumsel

  • Whatsapp
Ilustrasi

Medialampung.co.id – Petugas Tambling Wildlife Nature Conservation (TWNC), Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar), telah menerima satu ekor Harimau Sumatera (Panthera Tigris Sumatrae) yang diserahkan oleh Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Wilayah II Sumatera Selatan (Sumsel), yang berhasil masuk perangkap di daerah Muara Enim, Sumsel, Rabu (22/1).

Direktur TWNC Erick Hartanto, membenarkan hari ini sekitar pukul 09.30 WIB, pihak TWNC telah menerima satu ekor Harimau Sumatera dari BKSDA Wilayah II Sumsel,  kemudian harimau dewasa itu akan direhabilitasi di rescue center TWNC.

Bacaan Lainnya



“Harimau Sumatera dari Sumsel itu dikirim melalui jalur udara dari Bandar Lampung ke TWNC,” katanya.

Dijelaskannya, kondisi harimau itu kini dalam keadaan baik dan  akan direhabilitasi sembari melihat dan melakukan pengawasan terhadap perkembangan perilaku harimau liar itu. Dalam rehabilitasi harimau juga tetap menggunakan dokter hewan sehingga kondisi kesehatan harimau tetap membaik. Setelah menjalani rehabilitasi akan tetap dilepas liarkan.

“Jika dilepas liarkan di wilayah tambling ini mudah-mudahan bisa aman, mengingat kebutuhan makanan untuk harimau liar masih cukup tersedia disini,” jelasnya.

Ditambahkannya, jika dilepas liarkan di wilayah lain dikhawatirkan akan kembali terjadi konflik antara harimau dengan manusia. Sementara, terkait dengan rehabilitasi harimau itu belum dapat dipastikan waktunya sampai kapan. Diakuinya, harimau itu diamankan dari wilayah Sumsel dan dikirim ke TWNC  karena terjadi konflik dengan manusia, bahkan kondisi harimau itu sempat terancam.

“Sebelumnya harimau itu hampir dibunuh oleh masyarakat karena meresahkan dan mungkin warga di wilayah Sumsel itu juga kesal. Beruntung bisa segera diselamatkan oleh BKSDA Wilayah II Sumsel,” pungkasnya.(yan/mlo)



Pos terkait