UI Laksanakan Gerakan Mengajar di Pesbar

  • Whatsapp

Medialampung.co.id Universitas Indonesia (UI), melaksanakan program gerakan UI Mengajar di Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar) yang tersebar di lima Kecamatan dan enam pekon di kabupaten setempat, sebelum melaksanakan gerakan UI Mengajar, seluruh mahasiswa mengadakan pertemuan dengan Bupati Pesbar Dr. Drs. Hi. Agus Istiqlal, S.H, M.H., di GSG Selalaw Pantai Labuhan Jukung, Senin (6/1).

Hadir dalam kesempatan itu, ketua BEM-UI Manik Marganamahendra, sejumlah Kepala OPD, Camat, peratin dan ratusan mahasiswa UI yang tergabung dalam kegiatan UI Mengajar tahun 2019.

Dalam kesempatan itu, Agus Istiqlal mengatakan keberadaan mahasiswa UI yang melaksanakan program UI Mengajar diharapkan mampu meningkatkan kualitas pendidikan di Kabupaten setempat.

“Saya berharap kalian tidak hanya melaksanakan proses belajar dan mengajar, melainkan bisa meningkatkan kualitas pendidikan di sekolah yang menjadi lokasi kegiatan, dan bisa mengajak guru lebih baik dalam menerapkan metode pendidikan,” kata dia.

Menurutnya, sebagai seorang mahasiswa harus memberikan pembinaan dan pendidikan di lingkungan sekolah, tidak hanya kepada siswa melainkan kepada guru guna peningkatan kualitas pendidikan di kabupaten setempat.

“Meski mahasiswa yang mengikuti kegiatan ini bukan berasal dari fakultas pendidikan, tapi harus mampu memberikan dukungan dan dorongan semangat kepada siswa dalam menempuh pendidikan,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua BEM-UI Manik Marganamahendra menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pemkab Pesbar dan seluruh masyarakat setempat yang telah menerima dan memberikan sambutan yang baik kepada mahasiswa dalam melaksanakan program tersebut, terlebih kegiatan itu merupakan kali pertama dilaksanakan di luar Pulau Jawa.

“Kegiatan ini kita laksanakan di lima kecamatan, ada 110 orang mahasiswa akan melaksanakan program ini selama 25 hari kedepan di sekolah dan lingkungan masing-masing,” kata dia.

Dijelaskannya, lima kecamatan yang menjadi lokasi UI Mengajar itu yakni, Kecamatan Ngambur, Pesisir Pesisir Selatan, Krui Selatan, Pesisir Utara dan Kecamatan Lemong, dari lima kecamatan itu hanya kecamatan Lemong yang terdapat dua lokasi kegiatan, sementara kecamatan lainnya hanya satu lokasi.

“Sasaran UI Mengajar tahun ini merupakan siswa sekolah dasar di masing-masing pekon yang menjadi lokasi kegiatan, mahasiswa yang melaksanakan program ini jumlahnya bervariasi bergantung pada lokasi kegiatan, seperti di Kecamatan Lemong lebih dari 20 orang,” jelasnya.

Menurutnya, dalam pelaksanaan UI Mengajar, selain memberikan pelajaran kepada siswa sekolah dasar, pihaknya juga datang ke Pesbar untuk belajar, karena itu pihaknya berharap ada dukungan dari seluruh lapisan masyarakat di lokasi kegiatan.

“Kami berharap kegiatan yang kami laksanakan dapat memberikan inspirasi kepada anak-anak di Kabupaten Pesbar, agar mereka belajar lebih baik dan melanjutkan perjuangan kami serta dapat membantu pembangunan di kabupaten ini,” tandasnya. (ygi/d1n/mlo)



Pos terkait