UIN akan Mensubsidi Kuota Data Internet untuk 30 Ribuan Mahasiswa

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Intan Lampung berencana memberikan subsidi kuota internet kepada 30 ribuan mahasiswanya.

Subsidi kuota data internet tersebut akan diberikan guna memastikan seluruh mahasiswa dapat mengikuti kuliah daring atau online.

Bacaan Lainnya



Kepala Sub Bagian Humas dan Informasi UIN Raden Intan Lampung, Hayatul Islam mengatakan, saat ini pihaknya masih melakukan proses pengumpulan data mahasiswa yang berhak mendapatkan kuota data gratis, setelah itu nantinya akan diverifikasi 

“Ya, kumpulkan data dulu baru diverifikasi untuk mengetahui jenis kartu kuota apa yang dipakai oleh mahasiswa tersebut apakah menggunakan Indosat, Telkomsel atau provider lainnya,” ungkapnya, Rabu (30/9). 

Tambahnya, karena untuk bantuan kuota inikan tidak bisa disamakan setiap mahasiswa tergantung lokasi seberapa kuat jaringan di daerah mahasiswa tersebut tinggal. 

“Jadi, kita beri kesempatan kepada mahasiswa untuk mengupdate di sistem akademik (siakad) dengan mengupdate data nomor kuota nya masing-masing,” jenisnya.

Untuk target berapa mahasiswa yang akan mendapatkannya, Hayatul menjelaskan, mahasiswa yang aktif kuliah dan kemungkinan akan diberikan selama dua bulan. 

Perkiraan, sekitar 30 ribu mahasiswa yang akan mendapatkan kuota gratis tersebut untuk bulan Oktober dan November. Begitu mulai kuliah, diharapkan mahasiswa sudah dapat menggunakan kuota gratis tersebut.

“Untuk besaran gigabyte (GB) yang akan diberikan kepada mahasiswa berbeda-beda, karena setiap provider berbeda. Kalau dari UIN sendiri tidak menetapkan berapa giganya. Karena dananya dari BLU, artinya dana kita sendiri bukan dari pemerintah baik dari Kemenag atau Kemendikbud,” ujarnya. 

Hayatul berharap, dengan adanya bantuan kuota gratis ini proses pembelajaran bisa efektif dan efisien. 

“Kepada rekan mahasiswa dapat menggunakan kuota tersebut untuk belajar tidak di gunakan untuk yang lain. Agar target pembelajaran dapat tercapai dengan baik,” pungkasnya. (ion/mlo)



Pos terkait