Uji Kelayakan Konsumsi, Petugas Ambil Sampel Air Program Pamsimas 

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Sebagai salah satu tahapan untuk menyediakan air bersih layak konsumsi bagi masyarakat, petugas medis UPT Puskesmas Kenali bersama Pemerintah Pekon Turgak, Kecamatan Belalau, Kabupaten Lampung Barat mengambil sampel air sebelum memulai pelaksanaan peningkatan program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas) di wilayah setempat, Senin (31/8).

Dua Petugas UPT Puskesmas Kenali Misdalina bersama Lamsegar mengatakan, pengambilan sampel air ini untuk mengetahui kualitas air di wilayah setempat untuk mengetahui apakah layak digunakan atau tidak dengan mengecek Power of hydrogen (PH), suhu dan kandungan bakteriologi.

Bacaan Lainnya



“Kita hanya mengambil sampel dan untuk pemeriksaan lebih lebih lanjut akan dilakukan di Laboratorium untuk mengecek apakah layak dan sehat untuk dikonsumsi,” jelasnya.

Sementara, Peratin Turgak Ichwan menuturkan bahwa wilayahnya menjadi salah satu pekon penerima program Pamsimas bersumber APBN 2020 setelah melalui survei dan serangkaian tes untuk memantau geografis pekon sekaligus deteksi titik sumber air yang memadai.

“Alhamdulillah pekon kami mendapatkan program Pamsimas 2020, namun khususnya di Pekon Turgak bukan dalam bentuk pembangunan awal melainkan peningkatan atau merehab sarana yang sudah ada. Dengan adanya program ini kita berharap masyarakat mendapat akses air bersih yang benar-benar layak konsumsi guna meningkatkan derajat kesehatan,” tutur Ichwan.

Ditambahkan, program pamsimas di pekon itu untuk tahap awal akan menjangkau sebanyak 300 kepala keluarga (KK). Sehingga uji sampel air yang dilakukan ini diharapkan dapat memberikan hasil yang baik sehingga sumber air yang ada layak di konsumsi oleh masyarakat. 

“Mudah-mudahan hasil uji lab memberikan hasil yang baik, sehingga masyarakat pekon turgak mendapat akses air bersih dan sanitasi yang layak. Selain itu melalui program ini juga kita berharap  kelompok pengelola sarana penyediaan air minum dan sanitasi yang telah dibentuk, dapat menjaga dan memelihara kelestarian Pamsimas secara partisipatif,” harapnya.(edi/mlo)



Pos terkait