UNBK SMP Sederajat Akan Diikuti 3.013 Peserta

  • Whatsapp
Dalam rangka persiapan UNBK, Siswa kelas IX di SMPN 1 Krui Kabupaten Pesisir Barat, mengikuti simulasi UNBK

Medialampung.co.id Guna memaksimalkan pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tingkat satuan pendidikan SMP/MTs Negeri dan Swasta April mendatang.

Seluruh pelajar khususnya siswa kelas IX tingkat SMP di Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar) mengikuti simulasi UNBK yang digelar disekolah masing-masing, sejak Senin hingga Selasa (2-3/3).

Bacaan Lainnya



Kabid Dikdas Paud dan PNFI pada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Pesbar, Erik Putra AR, S.Pd., mengatakan simulasi UNBK tingkat SMP itu bertujuan untuk mematangkan persiapan menghadapi UNBK, sehingga  dalam pelaksanaan UNBK nanti tidak ada kendala.

“Simulasi UNBK perlu dilakukan, hal itu salah satunya untuk mengurangi terjadi kesalahan siswa dalam pengoperasian komputer seperti saat login dan sebagainya, karena UNBK dilakukan secara online,” katanya.

Selain itu, kata dia, kegiatan simulasi juga untuk memaksimalkan kondisi kesiapan sekolah terutama kesiapan perangkat komputer, jaringan, listrik PLN dan sebagaianya.

Sehingga pada saat simulasi tersebut jika ada kekurangan ataupun kendala bisa langsung di ketahui dan diantisipasi. Dengan begitu saat pelaksanaan UNBK nanti tidak ada hambatan baik pada jaringan internetnya maupun listrik.

“Sedangkan untuk UNBK jenjang SMP/MTs tahun pelajaran 2019/2020 ini akan dilaksanakan pada 20-23 April, sedangkan untuk paket C pada 4-7 April dan paket B pada 2-4 Mei mendatang,” jelasnya.

Sementara itu, kata Erik, jumlah siswa yang akan mengikuti UNBK untuk jenjang SMP/MTs baik Negeri dan Swasta, serta paket B dan paket C dengan jumlah total sebanyak 3.013 peserta.

Dari jumlah peserta itu dengan rincian yakni SMP dari 37 sekolah sebanyak 2.108 peserta, MTs dari 21 sekolah sebanyak 669 peserta.

“Kemudian, untuk paket B dari dua sekolah ada 16 peserta dan paket C dari dua sekolah sebanyak 220 peserta yang akan mengikuti UNBK tahun ini, diharapkan pelaksanaan UNBK nanti berjalan lancar,” katanya.

Ditambahkannya, Kepala SMPN 1 Krui, Kecamatan Pesisir Tengah, Wina Astuti, M.Pd., melalui Wakil Kepsek Filhusni, S.Pd., mengatakan dalam pelaksanaan simulasi UNBK yang diikuti oleh siswa kelas IX di sekolah itu berjalan dengan lancar serta belum ditemukan adanya kendala baik mengenai persoalan jaringan internet maupun listrik semuanya berfungsi dengan baik.

Sedangkan, jumlah siswa kelas IX disekolah ini yang akan menjadi peserta UNBK nanti sebanyak 206 siswa.

Sedangkan untuk persiapan perangkat komputer yang telah disiapkan sebanyak 105 unit yang tersebar di tiga ruang kelas, karena itu dalam simulasi ini dilaksanakan dua sesi yakni pagi dan siang hari.

“Simulasi UNBK secara online ini bukan hanya untuk mengetahui kesiapan siswa saja, tapi juga kesiapan perangkat komputer dan kesiapan sekolah,” pungkasnya. (yan/d1n/mlo)



Pos terkait