Unila Siap Bantu Program Ketahanan Pangan di Markas Brigif 4 Marinir/BS

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Rektor Universitas Lampung (Unila) beserta rombongan melakukan kunjungan ke Markas Brigif 4 Marinir/BS untuk melihat hasil program ketahanan pangan. 

Kedatangan Rektor Unila Prof. Dr. Karomani, M.Si, diterima langsung oleh Komandan Brigif 4 Marinir/BS Kolonel Mar. Nawawi, SE., MM., dan jajarannya. 

Bacaan Lainnya



Brigif 4 Marinir/BS sudah lama mengelola ketahanan pangan dengan membudidayakan pertanian seperti melon serta budidaya Lele dan keramba jaring apung berupa ikan kerapu Bebek dan bawal bintang. 

Karomani mengatakan, ketahanan pangan yang sudah dilakukan oleh satuan Brigif Marinir 4/BS tersebut sudah cukup baik dengan menanam buah melon dan budidaya lele yang berhasil meskipun hanya dengan teknologi manual. 

“Ini adalah kunjungan balasan setelah Komandan Brigif Marinir Nawawi yang berkunjung ke Unila, kita sudah melihat hasil dari pembudidayaan ikan air tawar serta pengembangan biakan ikan kerapu Bebek dengan KJA .nantinya kita akan membantu pendampingan tenaga ahli dari Unila untuk bersama dengan Markas Brigif Mar 4/BS menjadikan hasil ketahanan pangan ini bisa menghasilkan yang lebih baik,” ujarnya

Rektor Unila tersebut juga mengungkapkan, pihaknya memiliki 4 jenis varietas melon yang nantinya bisa dibudidayakan di markas marinir tersebut.

“Termasuk kerjasama di bidang IPTEK agar nantinya pihak marinir bisa mengembangkan sendiri budidaya melon serta pemgembangbiakan ikan air tawar dan kerapu bebek yang sekarang sudah berjalan,” tuturnya

Lanjutnya, Nawawi juga meminta pada pihak marinir untuk memberikan pelatihan bela negara bagi mahasiswanya supaya nantinya para mahasiswa memiliki bekal pendidikan semi militer.

Sementara itu, komandan brigif 4/BS Kolonel Nawawi menjelaskan, pihaknya mengembangkan budidaya pangan dan buah-buahan ini secara mandiri.

“Saya berterima kasih atas kunjungan dari Rektor Unila sekaligus bantuan keilmuan yang tentunya akan sangat membantu kami dalam mengembang biakan ikan air tawar  dan cara membudidayakan ikan kerapu Bebek,” kata Kolonel Nawawi.

Nawawi juga berharap adanya pendampingan dari Unila dalam kerja sama yang sudah berjalan agar kegiatan program ketahanan pangan tersebut bisa menghasilkan yang terbaik.

Kegiatan ketahanan pangan tersebut, lanjut Nawawi, sesuai instruksi panglima TNI  yang sekarang sudah berjalan lama sejak adanya Covid-19 untuk membantu prajurit serta masyarakat sekitar yang sangat membutuhkan.

“Hasilnya bukan hanya untuk prajurit, tapi nantinya akan kita libatkan masyarakat sekitar markas marinir ini,” tandasnya.(*/mlo)



Pos terkait